Belajar Dari Mana Saja di tamanpustaka.com

Mulai Belajar
BELAJAR DI MASA PANDEMI

6 Tips Memilih Gadget Untuk Mendukung Pembelajaran Daring

Ukhti Febiana Mufridah, 28 - Oktober - 2020 1399

tips gadget Gadget untuk Mendukung Pembelajaran Daring Pandemi Covid-19 laptop PC Smartphone Gadget dengan memori yang cukup Gadget dengan RAM yang besar kuota internet jaringan 4G LTE hardware terbaik belajar dimasa pandemi


blogs-images

Pandemi Covid-19 sangat berdampak dalam dunia pendidikan, salah satunya pembelajaran yang harus dilakukan melalui daring atau online. Pembelajaran daring ini membutuhkan perangkat yang harus mendukung proses pembelajaran. Perangkat tersebut dapat berupa laptop, PC, atau Smartphone.

Dilansir dari laman databoks.katadata.co.id, Jumlah pengguna smartphone secara global terus meningkat dari tahun ke tahun. Pada 2019, setidaknya terdapat 3,2 miliar pengguna, naik 5,6% dari tahun sebelumnya. Sementara jumlah perangkat aktif yang digunakan mencapai 3,8 miliar unit.

Dari data tersebut dapat terlihat bahwa smartphone menjadi perangkat yang paling populer dan banyak digunakan. Pada pembelajaran daring, Smartphone adalah perangkat yang mudah digunakan dan mudah dibawa yang dilengkapi dengan fitur yang canggih. Sehingga tidak heran jika kebanyakan pelajar memilih menggunakan gadget selama pembelajaran daring.

Tentunya kita juga harus memperhatikan gadget yang kita gunakan untuk pembelajaran daring, Apakah gadget tersebut dapat mendukung pembelajaran daring atau tidak. Berikut ini tips-tips yang bisa kamu perhatikan untuk memilih gadget yang mendukung pembelajaran daring :

Daftar Isi :

gatged

1. Gadget dengan memori yang cukup

Pembelajaran daring membuat siswa harus mendownload dan mengupload file-file pembelajaran dan file tugas, mengakses media pembelajaran dan menginstall aplikasi-aplikasi pembelajaran daring. Untuk melakukan hal-hal tersebut, kita perlu menyediakan smartphone dengan memori yang cukup, usahakan sisakan ruang memori untuk melakukan pembelajaran daring. Pindahkan file-file pembelajaran ke laptop atau PC untuk menyisakan ruang memori untuk belajar di hari berikutnya. 

2. Gadget dengan RAM yang besar

RAM atau Random Access Memory  merupakan sebuah penyimpanan komputer yang isinya dapat diakses dalam waktu yang tetap tanpa memperdulikan  dimana letak data tersebut. RAM merupakan penyimpanan primer atau penyimpanan utama dalam gadget. Pembelajaran daring dapat berjalan dengan lancar jika kamu memiliki gadget dengan spesifikasi RAM yang cukup tinggi. RAM sangat mempengaruhi kecepatan akses dalam  penggunaan aplikasi pembelajaran.  Jika kamu memiliki gadget dengan spesifikasi RAM yang rendah, kamu bisa menguninstall aplikasi-aplikasi yang tidak kamu perlukan. Hal ini akan berpengaruh pada kecepatan akses dan penggunaan aplikasi pembelajaran daring yang kamu gunakan.

3. Perhatikan kuota internet yang dimiliki

Punya gadget dengan spesifikasi yang bagus juga tidak cukup untuk pembelajaran daring. Akses internet adalah hal yang paling penting dalam pembelajaran daring. Kamu perlu menyiapkan kuota internet untuk mengakses file pembelajaran. Cari tempat yang mendukung sinyal yang kuat untuk melakukan pembelajaran daring. Banyak juga provider yang memberikan promo kuota internet murah bahkan gratis untuk pembelajaran.

4. Gunakan gadget dengan jaringan 4G/LTE

Gadget dengan jaringan 4G/LTE akan memuat informasi dari internet dengan lebih cepat. Gadget dengan jaringan 4G dapat mendukung proses upload-download file pembelajaran tanpa menghabiskan banyak waktu. Gadget dengan jaringan 4G akan membuat proses loading live streaming lebih lancar. Gadget dengan jaringan 4G juga dapat mempercepat proses download materi pelajaran.

5. Pilih gadget dengan hardware terbaik

Gadget dengan hardware yang dapat digunakan dengan baik akan membantu proses pembelajaran daring. Hardware tersebut seperti audio smartphone kamu bisa menggunakan headphone untuk mendengar audio dengan jelas. Layar monitor smartphone juga harus dalam kondisi yang baik. Gadget dengan kualitas layar HD juga bisa meningkatkan kejelasan gambar atau video yang tampil di gadget kamu.

6. Gadget dengan sistem yang mendukung pembelajaran daring

Pilih gadget yang sistem operasinya mendukung aplikasi-apikasi pembelajaran daring. Agar kamu dapat mengunduh aplikasi pembelajaran daring dan menggunakannya lewat gadget kamu.

 

Enam tips tadi merupakan tips yang harus kamu perhatikan dalam memilih gadget yang mendukung pembelajaran online.

Lalu gadget seperti apa yang bisa kamu gunakan untuk pembelajaran daring ?

Berikut saya rekomendasikan beberapa gadget untuk mendukung pembelajaran online :

Jika gadget tersebut ditujukan untuk anak-anak, orang tua bisa memilih gadget samsung yang memiliki fitur galaxy apps for kid. Fitur ini dilengkapi dengan 3000 aplikasi yang bisa digunakan oleh anak untuk bermain sambil belajar. Aplikasi-apalikasi yang terdapat di fitur ini juga termasuk aplikasi pembelajaran seperti aplikasi belajar matematika, bahasa dan aplikasi belajar lainnya. Gadget dengan harga terjangkau dan dapat digunakan untuk pembelajaran daring lainnya yaitu seperti Galaxy tab A, Advan tab 8, dan Evercross U70A.

Galaxy tab A

Gadget ini memiliki ukuran 8 Inch dengan Memori internalnya sebesar 32 Gb cukup untuk digunakan pembelajaran daring. Slot microSD gadget ini mendukung penyimpanan hingga 512Gb. Baterainya memiliki kapasitas 5100 mAh yang bisa digunakan dalam waktu yang cukup lama. Harga dari gadget ini yaitu Rp.1.999.000.

Advan tab 8

Gadget ini memiliki ukuran 8 Inch dengan kamera depan dan belakang 5mp yang bisa mendukung proses pembelajaran daring. Selain itu gadget ini dapat mendukung teknologi wifi 5G yang dapat mempercepat semua aktivitas yang dilakukan secara online seperti mengakses aplikasi pembelajaran serta melakukan upload dan download file-file pembelajaran. Harga dari Advan tab 8 yaitu Rp.1.999.000.

Evercross U70A

Evercross U70A memiliki layar sebesar 7 inch yang bisa dengan nyaman digunakan untuk membaca dan mengakses video dan gambar. Harganya pun terbilang cukup murah yaitu Rp.899.000.

Sumber 


*) Dikutip dari berbagai sumber

Subscribe...

Masukkan e-mail untuk mendapatkan artikel terbaru

Atau follow kami di :

Tentang Taman Pustaka

Taman Pustaka adalah website yang membahas tentang pelajaran sekolah, madrasah dan pengetahuan umum. Taman Pustaka juga sebagai media pembelajaran bagi para siswa, santri, mahasiswa, serta masyarakat umum yang ingin mengembangkan pengetahuan. pada setiap artikel di taman pustaka di lengkapi gambar dan video agar kandungan materi dalam artikel dapat lebih mudah dipelajari.