Belajar Dari Mana Saja di tamanpustaka.com

Mulai Belajar
PENDIDIKAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS

Macam-macam Pendidikan Untuk Anak Berkebutuhan Khusus

Tsurayya Maknun, 19 - Nopember - 2020 5886

Pendidikan untuk Anak Berkebutuhan Khusus Macam macam pendidikan tuna netra tuna rungu tuna grahita tuna daksa tuna laras tuna ganda Jenis-jenis Anak Berkebutuhan Khusus Pendidikan untuk Anak Berkebutuhan Khusus


blogs-images

Anak berkebutuhan khusus adalah anak yang mengalami masalah dalam tumbuh kembangnya baik keterlambatan ataupun kelebihan. Perkembangan anak berkebutuhan khusus lebih lambat atau lebih cepat daripada anak seusianya. Anak berkebutuhan khusus mencakup kebutuhan khusus fisik maupun non fisik. Pendidikan juga menjadi hak dan kebutuhan bagi anak berkebutuhan khusus. Setiap anak berkebutuhan khusus memiliki karakteristik pendidikan yang berbeda. Macam-macam pendidikan untuk anak berkebutuhan khusus juga disesuaikan dengan jenis berkebutuhan khususnya. 

Daftar Isi :

Jenis-jenis Anak Berkebutuhan Khusus

jenis - jenis anak berkebutuhan khusus

Jenis anak berkebutuhan khusus terdiri dari kebutuhan khusus fisik dan non fisik. Anak berkebutuhan khusus fisik yaitu tuna netra, tuna rungu, dan tuna daksa. Tuna netra adalah anak dengan gangguan pengelihatan baik low vision (kemampuan pengelihatan rendah) maupun buta. Lalu, tuna rungu adalah anak yang mengalami gangguan pada pendengaran. Kebutuhan khusus fisik selanjutnya yaitu tuna daksa yakni adanya gangguan atau kelainan pada anggota tubuh seperti tangan atau kaki.

Sedangkan anak berkebutuhan khusus non fisik yaitu tuna grahita, tuna laras, autisme, ADHD, kesulitan belajar, tuna ganda, serta anak yang kelebihan yakni anak berbakat (gifted). Tuna grahita adalah anak yang memiliki intelegensi di bawah rata-rata dan kemampuan adaptasi yang rendah. Anak dengan tuna grahita kesulitan melakukan tugas akademik maupun sosial sehingga membutuhkan bantuan khusus. Lalu, tuna laras merupakan gangguan pada perilaku sosial emosional anak, biasanya anak dengan tuna laras suka menyakiti diri sendiri atau orang lain.

Selanjutnya, autisme adalah gangguan pada kemampuan sosial  yakni kesulitan interaksi dengan orang lain. Anak dengan autisme biasanya hanya berfokus pada dunianya sendiri. Lalu, ADHD (Attention Deficit Hiperactive Disorder) adalah anak yang kesulitan fokus dan lebih hiperaktif. Kemudian anak berkebutuhan khusus kesulitan belajar yang terdiri dari disgrafia (kesulitan menulis), diskalkulia (kesulitan berhitung), dan dileksia (kesulitan mengenali atau membedakan huruf). Lalu, tuna ganda adalah anak berkebutuhan khusus yang mengalami gangguan ganda, baik kombinasi gangguan fisik dan non fisik, gangguan fisik ganda, maupun gangguan non fisik ganda. Berikutnya, anak berbakat adalah anak yang memiliki kecerdasan intelektual luar biasa. Anak berbakat (gifted) membutuhkan pembelajaran yang lebih melampaui dari anak  seusianya.

Pendidikan untuk Anak Berkebutuhan Khusus

Anak berkebutuhan khusus juga punya kebutuhan dan hak untuk mendapatkan pendidikan. Pendidikan untuk anak berkebutuhan khusus juga memiliki jenjang seperti anak reguler dari TK, SD, SMP, SMA, bahkan perguruan tinggi. Namun, tidak semua anak berkebutuhan khusus menjalani jenjang pendidikan sesuai usianya. Hal tersebut berkaitan dengan hambatan perkembangan yang lebih lambat atau lebih cepat. Macam pendidikan untuk anak berkebutuhan khusus yaitu ada sekolah inkulusi dan sekolah khusus atau sekolah luar biasa.

Sekolah inklusi merupakan sekolah yang menggabungkan siswa reguler dan berkebutuhan khusus pada satu sekolah. Anak berkebutuhan khusus di sekolah inklusi dapat didampingi oleh shadow teacher (guru pendamping) selain guru pengajar utama di kelas. Kurikulum untuk anak berkebutuhan khusus juga disesuaikan dengan kebutuhan anak tersebut.

Berbeda dengan sekolah inklusi, sekolah luar biasa merupakan tempat belajar yang memang dikelompokkan bagi anak berkebutuhan khusus. Sekolah luar biasa ini ada tipenya tersendiri untuk mengelompokkan anak berkebutuhan khusus sesuai macamnya. Berikut adalah macam pendidikan untuk anak berkebutuhan khusus pada sekolah luar biasa (SLB).

SLB A: Tuna Netra

SLB A merupakan sekolah bagi anak berkebutuhan khusus tuna netra atau gangguan pengelihatan. Pembelajaran di SLB A menggunakan media buku braile, huruf timbul, rekaman suara, maupun model benda.

SLB B: Tuna Rungu

Sekolah luar biasa tipe B merupakan sekolah untuk anak tuna rungu. Adakalanya orang yang mengalami gangguan pendengaran tidak ingin disebut tuna rungu, tapi Tuli. Hal tersebut karena tuna rungu bermakna pendengaran yang rusak, sedangkan tuli tidak bisa mendengar. Di SLB B, siswa diajarkan berkomunikasi dengan bahasa isyarat dan membaca gerak bibir. Ada pula yang menggunakan alat bantu dengar.

SLB C: Tuna Grahita

SLB C diperuntukkan bagi anak berkebutuhan khusus tuna grahita. Anak dengan tuna grahita tidak memiliki kemandirian dalam melakukan aktivitas keseharian. Biasanya di SLB C, anak berkebutuhan khusus tuna grahita diajarkan kemampuan bina diri dan sosialisasi.

SLB D: Tuna Daksa

Sekolah untuk anak berkebutuhan khusus tuna daksa yakni SLB D. Di SLB D, anak berkebutuhan khusus tuna daksa diajarkan untuk mengembangkan potensi diri agar siswa tersebut bisa mandiri dan mampu mengurusi dirinya sendiri.

SLB E: Tuna Laras

SLB E merupakan sekolah khusus bagi anak dengan tuna laras. Anak berkebutuhan khusus tuna laras memiliki tingkah laku yang tidak selaras dengan lingkungan. Biasanya mereka tidak bisa mengatur emosi, berbuat onar, bersikap tidak sopan, mengganggu orang lain dan sebagainya.

SLB G: Tuna Ganda

anak berkebutuhan khusus yang diiringi dengan kebutuhan khusus lainnya merupakan tuna ganda. Sekolah khusus anak tuna ganda adalah SLB G. Misalnya anak berkebutuhan khusus tuna netra kombinasi hiperaktif, tuna daksa kombinasi gifted, dan sebagainya.

Itulah macam-macam pendidikan untuk anak berkebutuhan khusus. Setiap anak punya kesempatan yang sama untuk belajar, termasuk anak berkebutuhan khusus.

Sumber


*) Dikutip dari berbagai sumber

Subscribe...

Masukkan e-mail untuk mendapatkan artikel terbaru

Atau follow kami di :

Tentang Taman Pustaka

Taman Pustaka adalah website yang membahas tentang pelajaran sekolah, madrasah dan pengetahuan umum. Taman Pustaka juga sebagai media pembelajaran bagi para siswa, santri, mahasiswa, serta masyarakat umum yang ingin mengembangkan pengetahuan. pada setiap artikel di taman pustaka di lengkapi gambar dan video agar kandungan materi dalam artikel dapat lebih mudah dipelajari.