Belajar Dari Mana Saja di tamanpustaka.com

Mulai Belajar
BELAJAR DI MASA PANDEMI

Tips Mengerjakan Tugas Selama Pembelajaran Daring Agar Tidak Menumpuk

Ukhti Febiana Mufridah, 18 - Nopember - 2020 2471

Tips menghindari menunda mengerjakan tugasBuat jadwal deadline tugas Kerjakan tugas dengan melihat dari berbagai referensi Komitmen pada diri sendiri Ubah persepsimu mengenai tugas Hindari distraksi Kondisi tempat mengerjakan tugas distraksi adalah


blogs-images

Kamu tentu ingin mengerjakan tugas dengan cepat agar cepat selesai dan kamu bisa melakukan aktivitas lainnya. Berikut ini tips-tips yang bisa kamu terapkan agar bisa mengerjakan tugas dengan cepat.

Daftar Isi

Pembelajaran yang dilakukan secara daring membuat siswa lebih banyak mendapatkan tugas daripada saat pembelajaran di kelas. Terkadang terdapat tugas dari beberapa mata pelajaran sekaligus yang membuat siswa mendapatkan banyak tugas, jika tugas-tugas tersebut tidak segera dikerjakan akan menjadi tugas yang menumpuk. Tugas yang menumpuk justru akan membuat kita kewalahan ketika mengerjakannya.

Daripada kamu mengeluh karena jumlah tugas yang banyak lebih baik kamu mulai menyelesaikannya. Kamu tentu ingin mengerjakan tugas dengan cepat agar cepat selesai dan kamu bisa melakukan aktivitas lainnya. Berikut ini tips-tips yang bisa kamu terapkan agar bisa mengerjakan tugas dengan cepat.

tips mengerjakan tugas selama pembelajaran daring agar tidak menumpuk

1. Tips menghindari menunda mengerjakan tugas

Jika kamu sudah memiliki niat untuk mengerjakan mulailah mengerjakan saat itu juga. Karena jika kamu bahkan menundanya beberapa detik, otakmu akan menipumu dengan mencari alasan agar menunda tugasnya lebih lama. Jadi, saat kamu memiliki kesempatan mulailah mengerjakannya saat itu juga. Jika kamu menunda-nunda mengerjakan tugasmu dan membiarkannya menumpuk akan membuatmu tambah capek, pusing bahkan panik ketika mengerjakannya. Kamu pun tidak bisa mengerjakan tugasmu dengan efektif dan maksimal.

2. Buat jadwal deadline tugas

Buatlah deadline setiap tugas yang kamu miliki. Prioritaskan untuk mengerjakan tugas yang deadlinenya dikumpulkan lebih awal. Setelah kamu memfilter/memilih tugas berdasarkan deadline kamu bisa memilih mengerjakan tugas yang lebih mudah terdahulu agar tidak banyak menghabiskan waktumu. Berikan target waktu untuk mengerjakan tugas agar kamu bisa mengerjakan tugas lainnya. Jadwal tugas akan membuat kamu mengerjakan tugas dengan tertata sesuai waktunya. Buat memo pengingat atau alarm untuk mengingatkanmu agar menyelesaikannya.

Baca Juga : Tak Melulu Negatif, Begini Dampak Positif Belajar Daring Selama Pandemi

3. Kerjakan tugas dengan melihat dari berbagai referensi

Kamu bisa menggunakan buku-buku yang terkait dengan tugasmu untuk membantu menyelesaikan tugasmu. Kamu juga bisa menggunakan sumber referensi lainnya seperti referensi dari internet atau media lainnya. Semakin banyak sumber referensi yang kamu punya akan semakin membantu kamu menyelesaikan tugasmu. Selain itu, dengan memiliki banyak referensi kamu akan memiliki sudut pandang yang luas untuk menyelesaikan tugas yang kamu kerjakan.

4. Komitmen pada diri sendiri

Kamu harus memiliki komitmen pada dirimu sendiri. Jika kamu sudah menentukan jadwal untuk mengerjakan tugas jangan melakukan aktivitas lain atau menundanya. Kamu bisa memberi punishment untuk dirimu sendiri jika tidak mengerjakan tugas sesuai jadwal yang sudah kamu tentukan. Kamu juga bisa memberi reward ke dirimu sendiri saat berhasil menyelesaikan tugasmu dengan tepat waktu.

5. Ubah persepsimu mengenai tugas

Kita terkadang jengkel, kesal atau mengeluh dengan jumlah tugas yang diberikan oleh guru kita.  Hal itu kita rasakan karena kita menganggap tugas yang diberikan kepada kita adalah sebuah beban. Akibatnya kita malas mengerjakannya dan menganggapnya sebagai sesuatu yang sulit dikerjakan. Padahal tugas-tugas yang diberikan oleh guru bertujuan agar muridnya memahami suatu materi dengan mengujinya lewat tugas. Tugas-tugas yang diberikan oleh guru ke muridnya justru akan menambah pengetahuan muridnya mengenai materi yang diberikan tugas. Beri motivasi ke dirimu sendiri agar lebih giat untuk mengerjakan tugas.

6. Hindari distraksi

Kamu harus menghindari segala hal yang bisa mengganggu konsentrasi kamu ketika mengerjakan tugas. Jika suasana rumah kamu ramai kamu bisa mencari tempat yang kondusif untuk mengerjakan tugas. Jika anggota keluargamu menyakan media seperti tv, radio atau media lainnya yang bisa mengganggu kamu, minta mereka untuk mematikannya sejenak. Hindari juga gangguan yang bisa disebabkan oleh smartphone yang kamu miliki. Terkadang kita merasa ingin melakukan banyak aktivitas dengan smartphone seperti browsing, menonton youtube atau membuka sosial media. Kamu bisa menonaktifkan smartphone kamu, atau jika kamu masih membutuhkannya untuk mengerjakan tugas kamu bisa menutup atau menonaktifkan akses sosial media di smartphone kamu agar tidak mengganggu kamu pada saat mengerjakan tugas.

Definisi distraksi disini adalah memusatkan perhatian menjauhi situasi yang tidak diinginkan dengan tujuan mengalihkan perhatian untuk mengurangi rasa tidak nyaman terhadap suatu objek. Terutama dilakukan pada pasien yang mengalami kecemasan atau gangguan rasa nyaman

7. Kondisi tempat mengerjakan tugas

Pilih tempat yang bisa membuatmu nyaman untuk mengerjakan tugas. Kamu juga bisa memilih tempat yang membuatmu merasa lebih bisa berkonsentrasi. Jika kamu mengerjakan tugasmu di kamar kamu bisa merapikan kamarmu agar terlihat rapi. Kamar yang berantakan terkadang membuat mood kita terganggu atau merasa malas. Pastikan pencahayaan tempat kamu mengerjakan tugas dalam kondisi yang baik. Lengkapi juga tempatnya dengan peralatan-peralatan yang mendukung kamu untuk mengerjakan tugas seperti kursi dan meja belajar.

8. Hindari kenyamanan yang menipu

Salah satu alasan kenapa kamu menunda tugas yang seharusnya kamu kerjakan adalah karena kamu memiliki pilihan yang membuatmu nyaman karena kamu merasa tidak nyaman atau bahkan terbebani untuk mulai mengerjakan tugas. Kenyamanan-kenyamanan itu bisa berupa hobi yang ingin kita lakukan atau kegiatan yang kita senangi namun masih bisa kita lakukan di waktu yang lain. Padahal kamu bisa menunda kesenanganmu, bukan berarti tidak bisa mendapatkan atau melakukan kesenangan itu tetapi kamu bisa menundanya sebentar dengan mengerjakan tugasmu. Jika kamu memprioritaskan kesenangan atau hal yang membuatmu nyaman terlebih dahulu justru kamu akan menerima konsekuensinya di akhir. Konsekuensinya bisa berupa rasa capek karena mengerjakan banyak tugas sekaligus dalam satu waktu.

Sumber


*) Dikutip dari berbagai sumber

Subscribe...

Masukkan e-mail untuk mendapatkan artikel terbaru

Atau follow kami di :

Tentang Taman Pustaka

Taman Pustaka adalah website yang membahas tentang pelajaran sekolah, madrasah dan pengetahuan umum. Taman Pustaka juga sebagai media pembelajaran bagi para siswa, santri, mahasiswa, serta masyarakat umum yang ingin mengembangkan pengetahuan. pada setiap artikel di taman pustaka di lengkapi gambar dan video agar kandungan materi dalam artikel dapat lebih mudah dipelajari.