Belajar Dari Mana Saja di tamanpustaka.com

Mulai Belajar
BELAJAR DI MASA PANDEMI

Tips Belajar Online Dari Rumah

Ukhti Febiana Mufridah, 21 - Oktober - 2020 1002

tips belajar online belajar online kuota internet pemerintah kiat sukses belajar dari rumah belajar dimasa pandemi Tips belajar online dari rumah Jaga kesehatan mata Screenshot atau rekam pelajaran yang penting Belajar bersama Buat jadwal Persiapkan


blogs-images

Pandemi Covid 19 menyebabkan hampir semua aktivitas jadi terbatas dan mengharuskan kita untuk banyak berkativitas dari rumah. Aspek pendidikan juga tak luput mendapatkan dampaknya. Akibatnya pembelajaran harus dilakukan dari rumah masing-masing. Belajar secara langsung (offline) memiliki banyak perbedaan dengan belajar secara online. Terdapat beberapa pelajar yang memiliki kesulitan dalam mengikuti pembelajaran secara online atau belajar dari rumah karena tidak terbiasa dengan hal itu. Jika belajar secara online dari rumah tidak dilakukan dengan manajemen yang baik maka belajar secara online bisa menjadi tidak efektif. Oleh karena itu, perlu sekali memperhatikan beberapa tips berikut ini agar belajar secara online dapat berjalan secara mudah dan lancar. Berikut ini tips-tips belajar online dari rumah :

Daftar Isi :

Persiapkan kondisi fisik

Kamu perlu mempersiapkan kondisi fisik kamu untuk memulai belajar. Kamu perlu sarapan dengan makanan yang memiliki gizi yang tinggi untuk membantu meningkatkan konsentrasi dan mood kamu untuk belajar. Jangan lupa untuk tidur yang cukup agar ketika kamu mau belajar kamu tidak mengantuk atau kurang berkonsentrasi.

Belajar di Masa Pandemi

Cari tempat yang nyaman dan kondusif

Pilih tempat di rumahmu yang nyaman digunakan untuk belajar dan dengan kondisi yang kondusif. Hal ini bertujuan agar kamu bisa belajar dengan nyaman dan penuh konsentrasi. Setelah itu persiapkan peralatan pendukung seperti meja dan kursi untuk belajar. Pilih tempat yang tenang, tidak ramai dan tidak dilalui banyak orang. Jika kamu ingin belajar dari kamar, jangan sambil rebahan ya karena akan membuat konsentrasimu jadi berkurang dan mudah mengantuk.

 

Persiapkan perangkat dan alat yang mendukung

Kamu bisa mempersiapkan perangkat dan alat yang mendukung proses belajar secara online. Kamu bisa memilih belajar menggunakan smartphone atau laptop. Pilih perangkat yang menurut kamu praktis dan mudah untuk digunakan. Jangan lupa periksa apakah perangkat yang akan kamu pakai masih bisa berfungsi dengan baik supaya tidak mengganggu proses belajar kamu.

Periksa juga kuota internet yang kamu miliki, pastikan kuotanya masih bisa digunakan untuk kebutuhan belajar, Karena pembelajaran secara online sangat membutuhkan akses internet. Pemerintah juga memberikan kuota intenet secara cuma-cuma kepada pelajar. Selain itu, penyedia layanan internet juga memberikan paket khusus internet untuk pembelajaran online. Persiapkan juga alat pendukung lain seperti pendukung audio misalnya speaker atau headset jika dibutuhkan. 

 

Buat jadwal

Manajemen waktu sangat diperlukan ketika belajar secara online dari rumah. Kita yang menentukan kapan kita harus belajar. Agar belajar secara online yang kita lakukan dapat berjalan secara efektif, kita perlu membuat jadwal belajar. Jadwal belajar ini memiliki fungsi untuk membantu kita mengatur waktu belajar dan juga waktu untuk mengerjakan tugas. 

 

Belajar bersama

Belajar secara online dapat dilakukan dengan belajar bersama teman. Belajar bersama bisa membuat kita berdiskusi dan menanyakan sesuatu yang kita tidak memahaminya ke teman kita. Belajar bersama juga membantu kita untuk mau berbagi pengetahuan satu sama lain mengenai suatu mata pelajaran. Apalagi jika pembelajaran dilakukan secara online, banyak tugas yang diberikan oleh guru. Jika kita mengalami kesulitan mengerjakan tugas tersebut kita bisa mendiskusikan kesulitan tersebut bersama teman kita.

 

Jauhkan dari hal yang menghambat dan mengganggu konsentrasi belajar

Konsentrasi belajar sangat diperlukan, terutama saat kita belajar secara online. Jauhkan diri kita dari sesuatu yang dapat mengganggu konsentrasi belajar kita. Jika smartphone kita dapat mengganggu konsentrasi lebih baik dimatikan terlebih dahulu. Matikan notifikasi-notifikasi yang kurang penting seperti notifikasi sosial media atau chat pada saat belajar. Jika ada gangguan lain seperti televisi atau radio yang menyala, matikan terlebih dahulu saat belajar.

 

Screenshot atau rekam pelajaran yang penting

Salah satu kelebihan dari belajar secara online dapat memudahkan kita dalam belajar. Jika pada saat belajar di kelas kita mencatat menggunakan buku tulis, kita bisa menggunakan fitur screenshot untuk menangkap tampilan layar yang penting pada saat belajar. Kita juga bisa menggunakan screen recorder untuk merekam video. Selain menghemat waktu dan tenaga, kita bisa menyimpan hasil screenshot tersebut di file komputer atau smartphone kita. Sehingga saat kita lupa atau ingin membukanya kita tinggal membuka file tersebut.

 

Jaga kesehatan mata

Saat kita belajar secara online, kita cenderung menggunakan perangkat dan alat-alat elektronik seperti smartphone dan laptop. Agar kesehatanmu tetap terjaga, selama belajar online kamu perlu memperhatikan pencahayaan di ruang belajarmu. Jangan pilih tempat dengan pencahayaan yang gelap karena bisa mengganggu kesehatan mata. Selain itu jaga jarak pandang kamu ke laptop atau smartphone, jangan terlalu dekat dan terlalu jauh. Jangan terlalu lama menatap ke layar laptop atau smartphone, kamu bisa mengistirahatkan matamu sejenak setelah 20 menit menatap ke layar. Istirahatkan selama 20 detik dengan menatap ke arah yang lain. Sesuaikan juga kecerahan layar monitor laptop atau smartphone kamu.

Itu tadi tips-tips belajar secara online yang berguna bagi orang tua dan pelajar. Bagi orang tua bisa menerapkan tips diatas untuk membantu dan mendorong anaknya ketika sedang belajar secara online. Bagi pelajar, tips diatas berguna untuk diterapkan pada saat belajar secara online agar hasilnya maksimal.

Sumber 


*) Dikutip dari berbagai sumber

Subscribe...

Masukkan e-mail untuk mendapatkan artikel terbaru

Atau follow kami di :

Tentang Taman Pustaka

Taman Pustaka adalah website yang membahas tentang pelajaran sekolah, madrasah dan pengetahuan umum. Taman Pustaka juga sebagai media pembelajaran bagi para siswa, santri, mahasiswa, serta masyarakat umum yang ingin mengembangkan pengetahuan. pada setiap artikel di taman pustaka di lengkapi gambar dan video agar kandungan materi dalam artikel dapat lebih mudah dipelajari.