Belajar Dari Mana Saja di tamanpustaka.com

Mulai Belajar

SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS 7

Khulafaurrasyidin Sebagai Cerminan Akhlak Rasulullah 2

ELY ZULAIKHA, 19 - Oktober - 2020 1197

Sejarah Kebudayaan Islam Madrasah Tsanawiyah Khulafaurrasyidin Rasulullah SAW Khulafaurrasyidin adalah Abu Bakar Ash-Shiddiq


blogs-images

Khalifah menjadi pemimpin pengganti Nabi Muhammad saw. lalu siapa sajakah mereka? Bagaimana cara mereka memimpin dan apa saja prestasi yang dicapai oleh setiap khalifah?

Daftar Isi :

sejarah kebudayaan islam

Prestasi yang Dicapai pada Masa Kepemimpinan Khalifah Abu Bakar Ash-Shiddiq

  1. Mengirim pasukan yang dipimpin oleh Usamah bin Zaid untuk memerangi kaum Romawi yang sudah direncanakan sejak Rasullah masih hidup.
  2. Memperluas wilayah islam dengan mengirim pasukan untuk berdakwah ke seluruh penjuru Arab, seperti Persia, Irak, dan Syam.
  3. Memerangi kaum murtad yang tidak mau melaksanakan syariat islam yaitu membayar zakat.
  4. Memerangi nabi palsu yang muncul saat orang Arab menolak seluruh ajaran agama Islam.
  5. Membebaskan bangsa Irak dari penjajahan bangsa Persia, yang akhirnya Irak menjadi Negara Islam. Pembebasan tersebut dipimpin oleh Khalid bin Walid dan dibantu Musanna bin Harisah.
  6. Membebaskan bangsa Syria dari penjajahan bangsa Romawi.
  7. Mengumpulkan Al-Qur’an yang ditulis dan ditempatkan di mana-mana sesuai saat wahyu turun. Seperti, di atas pelepah pohon kurma dan di atas batu.

Kebijakan-kebijakan yang dibentuk oleh Khalifah Abu Bakar dalam bidang pemerintahan atau kenegaraan sebagai berikut

Bidang eksekutif

Khalifah Abu Bakar mendelegasikan tugas pemerintahan kepada para sahabatnya baik di dalam negeri (Madinah) dan luar negeri. Beliau menunjuk Ali bin Abi Thalib, Usman bin Affan, dan Zaid bin Tsabit sebagai sekretaris, sedangkan Abu Ubaidah sebagai bendara. Sedangkan untuk daerah di luar negeri yang merupakan daerah kekuasaan Islam, beliau membentuk provinsi-provinsi dan menunjuk amir (semacam gubernur) disetiap provinsi.

Tugas amir sebagai pemimpin agama, menetapkan hukum dan melaksanakan undang-undang. Itu artinya amir juga sebagai hakim dan pelaksana tugas kepolisian. Amir berhak mengangkat pembantu-pembantunya, seperti katib, ‘amil, dan sebagainya. Berikut nama-nama amir dan wilayah kepemimpinannya.

  1. Itab bin Asid, amir untuk Mekah. Itab dan Asid merupakan amir yang diangkat pada masa Rasulullah masih hidup.
  2. Utsman bin Abi al-Ash, amir untuk Thaif. Amir ini diangkat pada masa Rasulullah masih hidup.
  3. Al-Muhajir bin Abi Umayah, amir untuk San’a.
  4. Ziad bin Labid, amir untuk Hadramaut.
  5. Ya’la bin Umayah, amir untuk Khaulan.
  6. Abu Musa al-Asy’ari, amir untuk Zubaid dan Rima’.
  7. Muaz bin Jabal, amir untuk al-Janad.
  8. Jarir bin Abdullah, amir untuk Najran.
  9. Abdullah bin Tsur, amir untuk Jarasy.
  10. Al-Ula bin Al-Hadrami, amir untuk Bahrain dan Irak.
  11. Untuk Syam (Syria) dipercayakan kepada para pemimpin militer sebagai wulat al-amr.

 

Pertahanan dan Keamanan

Khalifah Abu Bakar mengirim Pasukan-pasukan yang disebar di dalam dan luar negeri untuk memelihara stabilitas pemerintahan dan daerah masing-masing. Panglima diantaranya adalah Khalid bin Walid, Amr bin ‘Ash, Musanna bin Harisah, Zaid bin Sufyan, dan lain-lain.

Yudikatif

Selama masa khalifah Abu Bakar memimpin, fungsi kehakiman yang dilaksanakan oleh Umar bin Khattab tidak ditemukan suatu masalah yang berarti untuk dipecahkan. Ini karena kemampuan dan sifat Umar sendiri. 

Sosial ekonomi

Abu Bakar memiliki pranata sosial untuk mewujudkan keadilan dan kesejahteraan sosial rakyatnya. Sehingga beliau mengelola zakat, infaq, dan sedekah yang berasal dari kaum muslimin, ghanimah harta rampasan perang, dan jizyah dari warga Negara non-muslim, sebagai sumber pendapatan Baitul Mal. Penghasilan ini dibagaikan kepada para tentara, gaji para pegawai negara, dan rakyat yang berhak mendapatkan sesuai dengan ketentuan Al-Qur’an.

Sebelum sang khalifah ini meninggal, beliau memanggil Umar bin Khattab untuk menulis surat pengangkatan Umar bin Khattab sebagai khalifah yang menggantikannya. Beliau meninggal pada hari senin sore, tanggal 21 Jumadil Akhir tahun ke-13 H bertepatan pada tanggal 23 Agustus 634 M. Beliau dimakamkan di rumah Aisyah, di samping makam Rasulullah. Beliau meninggal diusia 63 tahun, sama seperti usia Rasulullah.

Umar Bin Khattab

Biografi Umar Bin Khattab

Umar bin Khattab lahir di Mekah pada tahun 584 M. Beliau lahir empat tahun sebelum Perang Fijar dan 13 tahun lebih muda dari Rasulullah. Ayahnya bernama Khattab bin Nufail bin Adi bin Abdul Uzza bin Ribaah bin Abdullah bin Qurth bin Razaah bin Adi bin Ka’ab bin Lu’ai, Abu Hafs Al-‘Adawi. Ibunya bernama Khantamah binti Hasyim.  Umar bin khattab merupakan keturunan suku Adi yang dipandang sebagai suku yang mulia dan bermartabat tinggi di kalangan bangsa Arab.

Sebelum masuk Islam, khalifah Umar merupakan orang yang sangat ditakuti karena kejam dan ganas. Beliau adalah pegulat tangguh yang selalu diminta sebagai wakil sukunya untuk menghadapi konflik dengan suku Arab yang lain. Umar dikenal sebagai seseorang yang pemberani, bahkan beliau ingin membunuh Nabi Muhammad dan para pengikutnya, namun belum diberikan kesempatan oleh kepala kaum kafir Quraisy.

Disuatu hari beliau marah kepada adiknya karena sudah masuk Islam, namun ketika sampai rumah beliau mendengar adiknya sedang melantunkan ayat Al-Qur’an, setelah itu beliau masuk Islam. Khalifah Umar masuk Islam pada bulan Dzulhijjah, enam tahun setelah kerasulan Nabi Muhammad saw., saat itu usianya 27 Tahun. Setelah masuk Islam, sifat dan kepribadiannya berubah dratis. Ia menjadi seseorang yang gigih dan setia membela agama Islam. Bahkan, khalifah umar menjadi salah satu sahabat yang dekat dengan Nabi Muhammad saw.

SUMBER


1Muhammad Ajwad Jauhari, Sejarah Kebudayaan Islam untuk MTs dan yang sederajat Kelas VII, (Surakarta:Putra Nugraha) hlm. 9
2Muhammad Ajwad Jauhari, Sejarah Kebudayaan Islam untuk MTs dan yang sederajat Kelas VII, (Surakarta:Putra Nugraha) hlm. 9
3Muhammad Ajwad Jauhari, Sejarah Kebudayaan Islam untuk MTs dan yang sederajat Kelas VII, (Surakarta:Putra Nugraha) hlm. 9

Subscribe...

Masukkan e-mail untuk mendapatkan artikel terbaru

Atau follow kami di :

Tentang Taman Pustaka

Taman Pustaka adalah website yang membahas tentang pelajaran sekolah, madrasah dan pengetahuan umum. Taman Pustaka juga sebagai media pembelajaran bagi para siswa, santri, mahasiswa, serta masyarakat umum yang ingin mengembangkan pengetahuan. pada setiap artikel di taman pustaka di lengkapi gambar dan video agar kandungan materi dalam artikel dapat lebih mudah dipelajari.