Belajar Dari Mana Saja di tamanpustaka.com

Mulai Belajar

IPA KELAS 6

Ciri Khusus Makhluk Hidup Dan Lingkungannya

Aristo Bharata, 01 - Februari - 2020 11034

IPA ilmu pengetahuan alam sains ciri khusus makhluk hidup makhluk hidup adaptasi respirasi Ciri - ciri Makhluk Hidup Ciri - ciri Khusus Hewan dan Manusia Ciri - ciri Khusus Tumbuhan Adaptasi Morfologi Adaptasi tingkah laku Adaptasi fisiologi


blogs-images

cir husus makhuk hidup dan lingkungan

Pada materi pelajaran ini, tamanpustaka akan menjelaskan tentang “Ciri Khusus Makhluk Hidup dan Lingkungannya”. Materi pelajaran tentang Ciri Khusus Makhluk Hidup dan Lingkungannya adalah materi pelajaran untuk kelas 6 Sekolah Dasar. Dengan mempelajari materi ini, diharapkan siswa akan mengetahui hubungan antara ciri khusus makhluk hidup dengan lingkungannya.

Daftar Isi :

 

Ciri-ciri Makhluk Hidup

Untuk mengetahui ciri-ciri makhluk hidup, anda pasti sudah tentu dapat membedakan makhluk hidup dan benda tak hidup. Anda sudah pasti dapat menentukan bahwa, manusia, kucing, anjing, ular,cacing, nyamuk, pohon, dan tanaman bunga merupakan makhluk hidup. Sebaliknya tanah, batu, kursi, meja, dan pasir adalah termasuk benda tak hidup.

Terdapat berbagai ukuran, bentuk, kebiasaan, ekosistem, dan cara hidup yang dimiliki setiap makhluk hidup. Walau demikian, semua makhluk hidup memiliki ciri-ciri khusus yang membedakan antara makhluk hidup dengan makhluk tak hidup.

Berikut adalah ciri-ciri makhluk hidup :

Bergerak

Ciri-ciri makhluk hidup yang umum adalah dapat bergerak. Manusia dan hewan dapat bergerak bebas atau berpindah tempat. Untuk dapat bergerak bebas atau berpindah tempat, manusia dan hewan memiliki alat yang disebut alat gerak. Alat gerak manusia dan hewan bermacam-macam jenisnya. Manusia menggunakan alat gerak berupa kaki, Ikan menggunakan sirip untuk bergerak, burung menggunakan sayap untuk berpidah tempat.

Bernafas

Setiap makhluk yang hidup pasti bernafas. Makhluk hidup menghirup udara dari luar yang mengandung oksigen dan menghembuskan udara yang banyak mengandung karbondioksida keluar dari tubuh. Manusia  menggunakan hidung dan paru-paru untuk bernafas, ikan menggunakan insang, katak menggunakan insang pada saat masih menjadi berudu kemudian menggunakan kulit dan paru-paru pada saat dewasa.

Dapat berkembang biak

Untuk dapat mempertahankan atau melestarikan spesiesnya agar tidak punah adalah tujuan setiap makhluk hidup berkembang biak. Maka dari itu salah satu ciri-ciri makhluk hidup adalah berkembang biak atau reproduksi.  Cara berkembang biak makhluk hidup beragam, ayam berkembang biak dengan cara bertelur, manusia dan mamalia lainnya berkembang biak dengan melahirkan, dan makhluk hidup ber sel tunggal seperti bakteri, amoeba, dan jamur berkembang biak dengan membelah diri.

Dapat tumbuh dan berkembang

Tumbuh dan berkembang adalah ciri-ciri makhluk hidup juga. Semua makhluk hidup mengalami pertumbuhan dan perkembangan mulai dari kecil hingga menjadi besar, mulai dari bayi menjadi dewasa dan menua. Biji tanaman tumbuh menjadi kecambah dan menjadi tanaman yang besar.

Baca juga : Ciri Khusus Pada Beberapa Hewan dan Tumbuhan

Membutuhkan makanan

Makanan merupakan kebutuhan hidup semua makhluk hidup, makanan berfungsi untuk pertumbuhan, energi, dan mengganti sel tubuh yang rusak.

Membutuhkan air

Makhluk hidup membutuhkan air untuk melangsungkan hidupnya. Air berfungsi zat pelarut di dalam tubuh makhluk hidup.

Membutuhkan suhu tertentu

Semua makhluk hidup dapat bertahan hidup pada lingkungan dengan suhu tertentu dan makhluk hidup berusaha untuk mendapatkan suhu lingkungan yang sesuai.

Peka terhadap rangsang

Makhluk hidup memiliki kemampuan untuk menerima dan menanggapi perubahan yang terjadi pada lingkungannya. Perubahan yang terjadi pada lingkungan disebut rangsang. Rangsang dapat berupa cahaya, bunyi, suhu, bau, rasa, dan sentuhan. Pada tumbuhan, kemampuan menanggapi rangsang disebut iritabilitas.

Mengeluarkan zat sisa

Makhluk hidup memerlukan makanan, dan minum. Makanan, dan minuman yang diproses didalam tubuh makhluk hidup akan diserap oleh tubuh sesuai dengan kebutuhan tubuh makhluk hidup. Sedangkan sisa-sisa makanan dan minuman yang tidak dapat diserap oleh tubuh disebut zat sisa. Zat sisa bisa berupa cairan, gas, ataupun zat padat. Zat sisa harus dikeuarkan dari dalam tubuh karena  akan menimbulkan racun dalam tubuh.

Beradaptasi

Makhluk hidup memiliki kemampuan beradaptasi terhadap lingkungannya. Tujuan makhluk hidup beradaptasi terhadap lingkungannya adalah untuk bertahan hidup. Adaptasi makhluk hidup dibedakan menjadi Adaptasi morfologi, Adaptasi tingkah laku, dan Adaptasi fisiologi.

Adaptasi Morfologi adalah penyesuaian terhadap lingkungan yang berhubungan dengan bentuk tubuh atau alat tubuh. Contoh: Tumbuhan yang hidup di air seperti teratai memiliki bentuk daun yang lebar, sedangkan tumbuhan yang hidup di gurun seperti kaktus tidak memiliki daun. Burung memiliki bentuk paruh yang berbeda sesuai dengan jenis makanannya.

Adaptasi tingkah laku adalah penyesuaian terhadap lingkungan dalam bentuk tingkah laku contoh: cicak akan memutuskan ekornya apabila diserang oleh predator.

Adaptasi fisiologi adalah penyesuaian fungsi alat tubuh terhadap lingkungan. Contoh: Manusia berkeringat saat cuaca panas.

Ciri-ciri khusus Hewan dan Manusia

Hewan dan manusia memiliki ciri khusus yang membedakannya dengan makhuk hidup yang lain. Ciri-ciri khusus tersebut adalah:

  1. Bergerak secara aktif atau dapat berpindah tempat.
  2. Tidak dapat memproduksi bahan makanannya sendiri. Hewan dan manusia berperan sebagai konsumen di dalam ekosistem(heterotrof). Hewandan manusia mendapatkan zat organik dari produsen atau konsumen lain yang menjadi mangsanya. Berdasarkan jenis makanannya, konsumen dikelompokkan sebagai berikut:
  3. Pemakan tumbuhan (herbivora), seperti: sapi, kambing, kelinci, dan kerbau.
  4. Pemakan daging (karnivora), seperti: singa, harimau, burung elang, dan serigala.
  5. Pemakan tumbuhan dan daging, seperti: manusia, ayam, dan itik.

Ciri-ciri khusus Tumbuhan

Tumbuhan memiliki ciri khusus yang membedakannya dengan manusia dan hewan. Ciri-ciri khusus tersebut adalah:

  1. Tidak dapat bergerak secara aktif atau berpindah tempat.
  2. Dapat memproduksi bahan makannya sendiri dengan cara fotosintesis. Zat makanan yang terbentuk dari proses fotosintesis digunakan oleh tumbuhan sebagai bahan makanannya sendiri, sedangkan sisanya disimpan sebagai cadangan makanan dan dimanfaatkan oleh hewan dan manusia. Kemampuan tumbuhan membuat makanan sendiri menjadikan tanaman sebagai produsen di dalam ekosistem. Anggota ekosistem lainnya seperti hewan dan manusia sangat bergantun terhadap keberadaan tumbuhan, jika tidak ada tumbuhan maka kelangsungan hidup organisme lain akan terganggu.

Sumber


*) Dikutip dari berbagai sumber

Subscribe...

Masukkan e-mail untuk mendapatkan artikel terbaru

Atau follow kami di :

Tentang Taman Pustaka

Taman Pustaka adalah website yang membahas tentang pelajaran sekolah, madrasah dan pengetahuan umum. Taman Pustaka juga sebagai media pembelajaran bagi para siswa, santri, mahasiswa, serta masyarakat umum yang ingin mengembangkan pengetahuan. pada setiap artikel di taman pustaka di lengkapi gambar dan video agar kandungan materi dalam artikel dapat lebih mudah dipelajari.