Belajar Dari Mana Saja di tamanpustaka.com

Mulai Belajar

IPA KELAS 4

Materi IPA Kelas 4 Semester 1 : Rangka Manusia, Fungsi Dan Pemeliharaannya

Ukhti Febiana Mufridah, 16 - Desember - 2020 15966

rangka manusia kelas 4 pembelajaran tentang rangka manusia fungsi pemeliharaannya pembelajaran tentang rangka manusia fungsi pemeliharaannya sendi Pengaruh Sikap Tubuh terhadap Pertumbuhan Rangka Cara untuk menjaga kesehatan rangka


blogs-images

Kali ini kita akan mempelajari materi IPA kelas 4 mengenai Rangka manusia, fungsi dan pemeliharaan. Sebelum mempelajarinya mari kita lihat tujuan pembelajaran dibawah

Tujuan pembelajaran

Siswa dapat mendeskripsikan hubungan antara struktur kerangka tubuh dan fungsinya serta dapat menerapkannya cara memelihara kesehatan kerangka tubuh

Daftar Isi :

A. Rangka manusia

Rangka manusia merupakan bagian tubuh yang umumnya bersifat keras dan fungsi utamanya sebagai penopang tubuh. Rangka pada manusia memiliki fungsi sebagai berikut :

  1. Menentukan bentuk tubuh
  2. menguatkan dan menegakkan tubuh
  3. tempat melekatnya otot, serta
  4. melindungi bagian-bagian tubuh yang penting dan halus.

Secara garis besar, rangka dalam terdiri atas rangka kepala, rangka badan, dan rangka anggota gerak.

  1. Rangka kepala (tengkorak) meliputi tulangtulang tengkorak wajah dan tulang pelindung otak. Rangka kepala berfungsi melindungi bagian tubuh kita yang sangat lunak yang disebut otak. Jika kita mengalami kerusakan otak, maka kemungkinan besar kita tidak dapat beraktivitas. Keretakan pada kepala dapat menyebabkan kerusakan otak. Jatuh dari tempat yang tinggi atau jatuh dari motor hingga kepala terbentur benda keras juga dapat menyebabkan tulang kepala retak. Oleh karena itu, apabila mengendarai sepeda motor kita diharuskan memakai helm.
  2. Rangka badan meliputi tulang belakang, tulang rusuk, tulang dada, tulang gelang bahu, dan tulang gelang panggul.
  3. Rangka anggota gerak terdiri atas tulang-tulang anggota gerak atas (tangan) dan tulang-tulang anggota gerak bawah (tungkai).

Berdasarkan bentuknya, tulang dapat dibedakan menjadi tiga macam, yaitu:

  1. tulang pipa, terdiri atas tulang paha, tulang betis, dan tulang kering;
  2. tulang pipih, terdiri atas tulang rusuk, tulang belikat, dan tulang tengkorak
  3. tulang pendek, terdiri atas tulang pangkal tangan, tulang pangkal kaki, dan ruas-ruas tulang belakang

kerangka manusia

Baca Juga : Materi IPA Kelas 4 Lainnya

B. Sendi

Tulang manusia berhubungan satu sama lain. Hubungan antara tulang-tulang manusia disebut sendi. Ada sendi yang dapat digerakkan dan ada juga sendi yang tidak dapat digerakkan. Contoh beberapa sendi yang terdapat pada manusia ialah sebagai berikut.

  1. Sendi engsel, adalah sendi yang dapat digerakkan ke satu arah seperti engsel jendela dan pintu. Contohnya, sendi pada siku, sendi pada lutut, sendi pada ruas jari tangan, dan sendi pada ruas jari kaki.
  2. Sendi peluru, adalah sendi yang memungkinkan gerakan ke semua arah. Hal tersebut dapat terjadi karena tulang yang satu dapat berputar pada tulang lainnya. Contohnya, sendi pada ruas tulang leher yang paling atas dan sendi pada pangkal paha.
  3. Sendi pelana, adalah sendi yang bergerak ke dua arah. Contohnya, sendi antara tulang telapak tangan dan pangkal ibu jari. d. Sendi kaku, adalah persendian yang geraknya sedikit atau terbatas. Contohnya, persendian yang terdapat di antara ruas-ruas tulang belakang. e. Sendi geser, adalah persendian tempat ujung tulang yang satu menggeser ujung tulang yang lain. Sendi geser dijumpai pada tulang hasta dan tulang pengumpil.

Sendi putar, adalah persendian tempat tulang yang satu berputar mengelilingi tulang lainnya yang bertindak sebagai poros. Sendi putar terdapat pada hubungan antara tulang atlas (tulang leher yang pertama) dan tulang tengkorak. Tulang atlas masuk ke dalam lubang yang terdapat pada tulang tengkorak.

C. Pengaruh Sikap Tubuh terhadap Pertumbuhan Rangka

Sikap tubuh yang salah ketika duduk, berdiri, atau ketika membawa beban yang terlalu berat dapat menyebabkan gangguan pada tulang belakang. Pertumbuhan adalah proses bertambahnya ukuran atau volume tubuh. Tulang yang berada di dalam tubuh juga mengalami pertumbuhan Proses pertumbuhan tulang pada anak-anak sangat dipengaruhi oleh beberapa faktor dalam seperti makanan, vitamin, mineral, obat-obatan, dan kuman penyakit. Namun, selain faktor dalam, ada beberapa faktor luar yang turut berpengaruh terhadap pertumbuhan tulang. Faktor-faktor tersebut adalah sinar matahari, beban dari benda-benda yang sering diangkat, sikap tubuh, dan benturan.

Contoh gangguan pada tulang belakang, sebagai berikut.

Kelainan tulang belakang

  1. Skoliosis, yaitu tulang belakang membengkok ke kiri atau ke kanan. Penyebabnya adalah sering membawa beban yang terlalu berat pada salah satu sisi anggota gerak atau pada bahu.
  2. Kifosis, yaitu tulang belakang membengkok ke belakang. Penyebabnya adalah kebiasaan duduk membungkuk atau sering membawa beban yang terlalu berat di punggung.
  3. Lordosis, yaitu tulang belakang membengkok ke depan. Penyebabnya mungkin karena terjatuh di saat masih kecil atau duduk terlalu condong ke depan.

D. Cara untuk menjaga kesehatan rangka

Untuk membentuk rangka yang baik, kita perlu melakukan hal-hal sebagai berikut.

  1. makan makanan yang bergizi untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan memperkuat rangka tubuh kita
  2. memperlakukan tubuh dengan sikap yang benar. Terapkan cara duduk, berdiri, membungkuk dan berbaring yang benar agar rangka kita tetap sehat dan menghindari gangguan pada tulang.
  3. memperoleh cukup cahaya matahari, terutama di pagi hari. Cahaya matahari sangat dibutuhkan oleh tubuh kita dan baik untuk kesehatan tubuh.
  4. tidak terlalu sering mengangkat beban berat yang melebihi kemampuan tubuh kita. Angkat beban yang sesuai dan mampu untuk kita angkat. Jika tidak mampu mintalah bantuan orang lain
  5. menghindarkan diri dari kecelakaan yang membuat gangguan pada rangka kita
  6. periksa ke dokter jika terdapat gangguan serius dengan rangka tubuh kita

Sumber


*) Dikutip dari berbagai sumber

 

Subscribe...

Masukkan e-mail untuk mendapatkan artikel terbaru

Atau follow kami di :

Tentang Taman Pustaka

Taman Pustaka adalah website yang membahas tentang pelajaran sekolah, madrasah dan pengetahuan umum. Taman Pustaka juga sebagai media pembelajaran bagi para siswa, santri, mahasiswa, serta masyarakat umum yang ingin mengembangkan pengetahuan. pada setiap artikel di taman pustaka di lengkapi gambar dan video agar kandungan materi dalam artikel dapat lebih mudah dipelajari.