Belajar Dari Mana Saja di tamanpustaka.com

Mulai Belajar

IPS KELAS 7

Kegiatan Manusia Untuk Memenuhi Kebutuhan 5

ELY ZULAIKHA, 06 - April - 2021 1713

Kegiatan Manusia untuk Memenuhi Kebutuhan IPS Kelas VII Prinsip ekonomi Motif ekonomi Ekonomi perekonomian ekonomis tujuan prinsip ekonomi membuat skala prioritas ekonomi bersikap hemat kegiatan manusia memenuhi kebutuhan


blogs-images

Apakah kalian pernah mendengar istilah motif ekonomi? Motif ekonomi adalah keinginan yang mendorong manusia untuk melakukan tindakan ekonomi. Motif ekonomi dibedakan nebjadi motif untuk memenuhi kebutuhan, memperoleh kekuasaan, memperoleh penghargaan, dan berbuat sosial. Kemudian ada prinsip ekonomi, tindakan ini tediri atas kegiatan produksi, konsumsi, dan distribusi.

Daftar Isi :

Motif ekonomi

Keinginan atau hal yang mendorong manusia untuk melakukan tindakan ekonomi disebut motif ekonomi. Motif ekonomi terbagi menjadi empat, sebagai berikut.

a. Motif untuk memenuhi kebutuhan

Motif paling penting yang mendorong manusia melakukan kegiatan ekonomi, yaitu ingin memenuhi kebutuhan untuk mencapai kemakmuran. Setiap aktivitas yang dilakukan manusia dengan harapan dapat memperoleh penghasilan. Penghasilan itulah yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan.1

b. Motif yang memperoleh kekuasaan

Motif ini mendorong manusia untuk melakukan kegiatan ekonomi sehingga memperoleh kekuasaan. Pada umumnya pedagang besarlah yang memiliki kekuasaan ekonomi. Contohnya jika pedagang besar ingin memperoleh kekuasaan ekonomi maka harus mengusahakan dagangannya laku terjual dan disukai konsumen. Ada syarat yang harus dipenuhi untuk memperoleh kekuasaan ekonomi, yaitu menguasai lapangan-lapangan perekonomian dan usahanya harus diperluas sampai ke beberapa daerah.

c. Motif untuk memperoleh penghargaan

Penghargaan yang dimaksud disini bukan hanya mendapat piagam dan pujian, tetapi juga ingin memperoleh status sosial yang lebih tinggi dari masyarakat sekitarnya. Contoh motif ini adalah dokter, bentuk penghargaan berupa uang, pujian, dan kenaikan pangkat maupun sosial.

d. Motif ingin berbuat sosial

Motif ini berdampak positif karena berbuat baik kepada sesama. Motif ekonomi ini perlu disosialisasikan dan dikembangkan karena kegiatannya sangat membantu kehidupan masyarakat. Conohnya membantu korban bencana dengan mengirimkan makanan, obat-obatan, dan pakaian. 

Prinsip ekonomi

Tindakan ekonomi nerupakan salah satu kegiatan yang dilakukan manusia untuk memenuhi kebutuhannya. Tindakan ekonomi terdiri atas kegiatan produksi, konsumsi, dan distribusi. Dalam melakukan tindakan ekonomi, seseorang harus berpegang pada prinsip ekonomi.2

a. Pengertian prinsip ekonomi

Prinsip ekonomi adalah pertimbangan yang dilakukan disertai pengorbanan tertentu agar mencapai hasil yang maksimal.

b. Tujuan prinsip ekonomi

    1. Memperoleh keuntungan yang maksimal.
    2. Memanfaatkan alat, kemampuan, dan modal atau pengorbanan tertentu yang dimiliki.
    3. Menghindari kerugian dan memperkecil risiko kerugian.
    4. Menghindari pemborosan dan bertindak ekonomis.

c. Manfaat prinsip ekonomi

    1. Bagi pembeli, dengan uang yang mereka miliki bisa memperoleh tingkat kepuasan tinggi karena tepat dalam memilih barang yang dibutuhkan.
    2. Bagi penjual, bisa membeli barang dengan harga rendah tapi barang tersebut memiliki mutu terbaik. Kemudian dijual kembali dengan harga tinggi yang rasional dengan pelayanan terbaik. 
    3. Bagi produsen, bisa memproduksi barang yang bermutu dan berkualitas baik dengan biaya kecil yang laris di pasaran dan dijual sebanyak mungkin dengan harga yang paling menguntungkan.

d. Prinsip ekonomi dalam kegiatan produksi, distribusi, dan konsumsi

1. Prinsip ekonomi dalam kegiatan konsumen

    • Menggunakan skala prioritas dalam memenuhi kebutuhan, dengan cara mendahulukan kebutuhan yang paling dibutuhkan hingga kebutuhan yang sifatnya bisa ditunda.
    • Memperlihatkan kemampuan daya beli
    • Bisa membandingkan biaya yang dikeluarkan dengan manfaat yang didapatkan.

2. Prinsip ekonomi dalam kegiatan produsen

    • Menggunakan bahan baku yang memiliki mutu baik tetapi harganya murah.
    • Menyesuaikan barang dan jasa dengan selera konsumen.
    • Menjual barang dan jasa dengan kualitas harga yang bersaing tinggi.
    • Menghasilkan laba yang lebih besar.
    • Menentukan lokasi produksi dengan bahan baku yang dekat.

3. Prinsip ekonomi dalam kegiatan distributor

    • Menggunakan sarna distribusi yang murah.
    • Membeli barang pada produsen yang tepat.
    • Meningkatkan mutu pelayanan.
    • Menyalurkan barang dengan prinsip tepat sasaran, tepat waktu, dan tepat tempat.
    • Menempatkan perusahaan di antara produsen dan konsumen.3

Ciri-ciri orang yang menerapkan prinsip ekonomi sebagai berikut.

a. Membuat skala prioritas

Orang memenuhi kebutuhannya berdasarkan tingkat kepentingan yang paling mendesar dan kepentingan yang sifatnya bisa ditunda.

b. Bersikap hemat

Membeli barang-barang yang benar-benar dibutuhkan dan menghindari pemborosan.

c. Bertindak dengan prinsip cost and benefit

Artinya orang yang selalu menghitung biaya pengeluaran dalam melakukan kegiatan dan mendapatkan manfaat dari kegiatan tersebut.

d. Bertindak rasional dan ekonomis

Orang yang menerapkan prinsip ekonomi tindakannya akan bersifat rasional dan ekonomis. Bertindak rasional, yaitu orang dalam melakukan tindakan ekonomi selalu menggunakan akal sehatnya, bukan berdasarkan hawa nafsu dan emosinya. Adapun bertindak ekonomis, artinya orang dalam melakukan tindakan ekonomi selalu menggunakan perhitungan-perhitungan yang cerhat dan perencanaan yang matang.4

Sumber


1.Indah kusumawati, Lilik Harisuprihanto, Wulan Widayati, Ilmu Pengetahuan Sosial Untuk SMP/MTs Kelas VII Semester 2, (Surakarta:CV Graha Pustaka) hlm. 17

2.Indah kusumawati, Lilik Harisuprihanto, Wulan Widayati, Ilmu Pengetahuan Sosial Untuk SMP/MTs Kelas VII Semester 2, (Surakarta:CV Graha Pustaka) hlm. 17

3. Indah kusumawati, Lilik Harisuprihanto, Wulan Widayati, Ilmu Pengetahuan Sosial Untuk SMP/MTs Kelas VII Semester 2, (Surakarta:CV Graha Pustaka) hlm. 18

4. Indah kusumawati, Lilik Harisuprihanto, Wulan Widayati, Ilmu Pengetahuan Sosial Untuk SMP/MTs Kelas VII Semester 2, (Surakarta:CV Graha Pustaka) hlm. 19

 

Subscribe...

Masukkan e-mail untuk mendapatkan artikel terbaru

Atau follow kami di :

Tentang Taman Pustaka

Taman Pustaka adalah website yang membahas tentang pelajaran sekolah, madrasah dan pengetahuan umum. Taman Pustaka juga sebagai media pembelajaran bagi para siswa, santri, mahasiswa, serta masyarakat umum yang ingin mengembangkan pengetahuan. pada setiap artikel di taman pustaka di lengkapi gambar dan video agar kandungan materi dalam artikel dapat lebih mudah dipelajari.