Belajar Dari Mana Saja di tamanpustaka.com

Mulai Belajar

KIAT SUKSES

Apa Itu Jurusan Ekonomi Pembangunan? Yuk, Ketahui 5 Alasan Mengapa Jurusan Ini Sangat Keren!

Nastiti Annisa Saraswati, 30 - Oktober - 2020 1923

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Jurusan Ekonomi Pembangunan Memiliki Prospek Karir yang Menjanjikan Turut Berkontribusi dalam Pembangunan Negara Tenaga Pendidik yang Profesional Ilmunya Tak Lekang oleh Waktu Banyak Dicari oleh Perusahaan


blogs-images

Fakultas Ekonomi dan Bisnis dikenal sebagai fakultas yang diisi oleh para mahasiswa yang ingin meraih prospek karir di bidang ekonomi atau menjadi pebisnis andal. Pilihan jurusan yang sangat banyak, tentu akan membantumu untuk memilih ilmu yang sesuai dengan karir yang ingin diraih. 

Salah satu jurusan yang ada di Fakultas Ekonomi dan Bisnis adalah Ekonomi Pembangunan. Jurusan ini mungkin kurang terkenal dibandingkan jurusan lain yang lebih umum diambil oleh banyak mahasiswa, seperti Manajemen dan Akuntansi.

Dilansir dari Quipper.com, secara spesifik jurusan Ekonomi Pembangunan mempelajari tentang persoalan pembangunan industri, perbankan, keuangan, dan bisnis. Dalam jurusan ini juga akan banyak dibahas kebijakan-kebijakan yang akan mempengaruhi dan mendukung proses pembangunan dan praktik ekonomi suatu negara. 

Meskipun kurang terkenal, tapi tahukah kamu kalau jurusan Ekonomi Pembangunan ternyata sangat keren, loh. Kira-kira apa saja sih alasan Ekonomi Pembangunan dapat dikatakan sebagai jurusan yang keren? Yuk, simak alasannya di bawah ini!

Daftar Isi :

5 Alasan Jurusan Ekonomi Pembangunan Sangat Keren

5 Alasan Jurusan Ekonomi Pembangunan Sangat Keren

Jurusan ini tidak hanya akan membuatmu takjub melihat dari sisi prospek karir yang ditawarkan saja, loh, tetapi terdapat 5 alasan lain Ekonomi Pembangunan disebut jurusan yang keren dan patut dipertimbangkan. 

Memiliki Prospek Karir yang Menjanjikan

Hampir sama dengan kebanyakan jurusan yang lain, yakni menawarkan prospek karir yang menjanjikan. Tapi jangan salah, karir yang bisa diraih oleh para lulusan jurusan Ekonomi Pembangunan tidak main-main, banyak jabatan-jabatan hebat yang ditawarkan. 

Sebagai contoh, para lulusan jurusan ini dapat bekerja di instansi pemerintahan yang mengurus kebijakan pembangunan ekonomi, seperti di BPK, Bappenas, Bank Indonesia, perpajakan, dan sebagainya. 

Selain itu, perusahaan internasional juga membuka kesempatan untuk lulusan jurusan ini bergabung di bagian Research and Development yang mana keahliannya sangat dibutuhkan untuk melakukan analisa pembangunan industri, keuangan, dan bisnis. 

Sebenarnya masih banyak kesempatan karir yang bisa diperoleh, seperti tenaga pengajar, analis bisnis, atau ekonom.

Turut Berkontribusi dalam Pembangunan Negara

Membangun sebuah negara tidaklah mudah. Salah langkah sedikit, maka akan memengaruhi hajat hidup seluruh masyarakat yang tinggal di negara tersebut. Untuk mencegah terjadinya kesalahan tersebut, diperlukan orang yang memahami langkah tepat untuk membangunnya, salah satunya adalah tenaga ahli di bidang Ekonomi Pembangunan. 

Seorang ahli di bidang ini tentu akan sangat dibutuhkan oleh pemegang kekuasaan untuk memberikan masukan dalam menentukan langkah menjalankan negara, sebab mereka lebih memahami metode apa yang tepat untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi suatu negara  dan bagaimana metode tersebut sekaligus dapat memperbaiki kondisi kehidupan masyarakatnya, termasuk di dalamnya mengentaskan kemiskinan, memperbaiki sektor kesehatan dan pendidikan. 

Bahkan banyak tokoh penting yang memberikan kontribusi bagi Indonesia merupakan lulusan Ekonomi Pembangunan, seperti Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dan Menteri Riset dan Teknologi Bambang Brodjonegoro.

Tenaga Pendidik yang Profesional

Untuk mencetak lulusan Ekonomi Pembangunan yang berhasil dan berkualitas, tentu dibutuhkan campur tangan dari tenaga pendidik yang profesional. 

Karena diharapkan para lulusan jurusan ini dapat memberikan kontribusi ilmu bagi negara, sehingga tenaga pendidiknya pun hanya orang-orang terpilih yang memiliki kapasitas ilmu pengetahuan yang memadai di bidangnya. Bahkan tidak jarang, tenaga pengajar di jurusan ini sering diminta memberikan masukan untuk pemegang kekuasaan. 

Ilmunya Tak Lekang oleh Waktu

Ilmu ekonomi akan selalu digunakan sampai kapan pun dan di mana pun, serta akan terus berkembang seiring dengan perkembangan zaman. 

Ilmu ini tidak hanya bermanfaat dalam proses pembangunan negara, tetapi juga membangun bisnis sendiri, sebab ilmu ekonomi dapat membantumu menganalisa kebutuhan bisnis, pembangunan industri, dan keuangan. 

Banyak Dicari oleh Perusahaan

Dapat dikatakan seluruh perusahaan membutuhkan lulusan Ekonomi Pembangunan agar dapat mengembangkan bisnis mereka. Sehingga banyak sekali perusahaan yang mencari calon karyawan dengan latar belakang jurusan Ekonomi Pembangunan.

Itulah kelima alasan mengapa jurusan Ekonomi Pembangunan dikatakan sebagai jurusan yang keren dan patut kamu pertimbangkan. Namun untuk meraih kesuksesan, kamu tetap perlu belajar dengan giat dan pantang menyerah.

Jika artikel ini bermanfaat, yuk, bantu sebarkan ke teman dan orang-orang terdekatmu!

Subscribe...

Masukkan e-mail untuk mendapatkan artikel terbaru

Atau follow kami di :

Tentang Taman Pustaka

Taman Pustaka adalah website yang membahas tentang pelajaran sekolah, madrasah dan pengetahuan umum. Taman Pustaka juga sebagai media pembelajaran bagi para siswa, santri, mahasiswa, serta masyarakat umum yang ingin mengembangkan pengetahuan. pada setiap artikel di taman pustaka di lengkapi gambar dan video agar kandungan materi dalam artikel dapat lebih mudah dipelajari.