Belajar Dari Mana Saja di tamanpustaka.com

Mulai Belajar

KIAT SUKSES

Jurusan IPA SMA Sukses Ambil Jurusan Soshum Di PTN ? Ini Caranya !

Nastiti Annisa Saraswati, 16 - Oktober - 2020 1529

Sosial Humaniora Soshum Tips Sukses Ambil PTN Perguruan Tinggi Negeri Menentukan Jurusan di PTN Mengikuti Try Out


blogs-images

Meneruskan pendidikan ke perguruan tinggi, khususnya Perguruan Tinggi Negeri (PTN), masih menjadi impian hampir seluruh siswa di tingkat atas, baik SMA maupun SMK. Hal ini dapat dibuktikan dengan tingginya pendaftar Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dari tahun ke tahun. Bahkan tidak sedikit pula siswa lulusan SMA dan SMK yang sudah lulus satu hingga dua tahun sebelumnya turut mendaftar SBMPTN atau Ujian Mandiri di beberapa perguruan tinggi negeri.

Umumnya, dalam menentukan jurusan di perguruan tinggi, para siswa diberikan kebebasan memilih. Untuk siswa SMA jurusan IPA memiliki kelebihan tersendiri, yakni dapat memilih jurusan sosial humaniora (soshum). Tetapi hal ini tidak serta merta membuat seleksi masuk menjadi mudah untuk siswa jurusan IPA. Tetap diperlukan belajar dengan giat, terlebih pengetahuan yang akan diujikan berbeda dengan yang biasa dipelajari di sekolah selama 3 tahun. 

Lalu apakah ada cara sukses untuk siswa jurusan IPA mengambil jurusan soshum di PTN? Simak beberapa tipsnya di bawah ini!

Daftar Isi :

Jurusan IPA SMA Sukses Ambil Jurusan Soshum di PTN? Ini Caranya

kiat sukses

Terdapat 5 cara sukses bagi siswa SMA jurusan IPA mengambil jurusan soshum di perguruan tinggi negeri. 

1.    Menentukan Jurusan yang Ingin Diambil

Hal ini karena jurusan yang salah bisa saja membuatmu tidak nyaman untuk belajar di perguruan tinggi selama empat tahun ke depan. Akhirnya, proses pendidikanmu bisa terseok-seok. 

Selain itu, dengan mengetahui jurusan apa yang benar-benar diinginkan akan memudahkan kamu untuk mencari syarat-syarat tertentu untuk mendaftar seleksi. Sebab terdapat beberapa jurusan yang mensyaratkan latar belakang jurusan tertentu. Sebagai contoh, jurusan kedokteran yang mensyaratkan jurusan IPA untuk calon mahasiswanya. 

Jika kamu belum yakin jurusan dari rumpun ilmu sosial humaniora apa yang sesuai dengan keinginanmu, cobalah untuk berkonsultasi dengan guru di sekolah, terutama guru Bimbingan Konseling (BK) atau buat daftar perbandingan masing-masing jurusan dengan pekerjaan yang ingin kamu dapatkan setelah lulus. 

2.    Belajar Materi-Materi Jurusan Sosial Humaniora

Meskipun di tahun 2020 ini SBMPTN tidak mengadakan Tes Kompetensi Akademik (TKA) dan hanya mengadakan Tes Potensi Skolastik (TPS), bukan berarti kamu dapat santai tidak perlu belajar materi ilmu soshum. 

Materi ilmu soshum tetap harus kamu pelajari, sebab apabila tidak lolos pada SBMPTN, kamu masih bisa mengikuti ujian mandiri dengan persiapan yang cukup. 

Selain itu, tidak ada salahnya untuk belajar materi ilmu soshum untuk mendapatkan sedikit gambaran tentang apa yang akan kamu pelajari di perkuliahan kelak. Meskipun kamu tetap akan mendapatkan materi dasar di semester awal perkuliahan.

3.    Mengikuti Try Out yang Diadakan Lembaga Pendidikan

Untuk mengetahui sejauh mana pemahaman kamu terhadap materi yang telah dipelajari, jangan lupa untuk ikut try out yang banyak diselenggarakan di sekolah maupun lembaga pendidikan lain, seperti Bimbingan Belajar (Bimbel).

Dengan mengikuti try out, kamu juga akan mendapat gambaran bagaimana soal-soal yang akan kamu hadapi nanti pada saat ujian. Sehingga kamu tidak akan terlalu sulit dalam mengerjakan ujian nantinya sebab kamu sudah belajar sesuai dengan perkiraan soal.

4.    Berdoa

Mendekatkan diri kepada Tuhan harus tetap menjadi prioritas disamping usahamu untuk bisa lolos ujian perguruan tinggi negeri. Jangan lupa untuk berdoa memohon agar dilancarkan dalam mengerjakan soal-soal ujian dan diberikan yang terbaik. 

5.   Jangan Putus Asa

Belum berhasil pada SBMPTN? Jangan segera putus asa! Kamu masih bisa mengikuti ujian mandiri yang dilaksanakan oleh banyak perguruan tinggi negeri dengan materi tes yang tidak jauh berbeda dengan SBMPTN. 

Namun terdapat perbedaan sedikit, yakni di SBMPTN tahun ini kamu tidak akan menemukan Tes Kompetensi Akademik (TKA), seperti soshum atau saintek, sedangkan di ujian mandiri kamu akan menghadapi tes tersebut. 

Oleh karena itu, mempelajari materi ilmu soshum tetap penting agar kamu tidak kebingungan saat mengerjakan soal-soal ujian mandiri nanti. 

Jika belum beruntung juga, tanamkan pada dirimu bahwa kesuksesan tidak hanya bisa diraih di perguruan tinggi negeri. Banyak jurusan sosial humaniora di perguruan tinggi swasta yang bisa mengantarkanmu menuju masa depan yang lebih baik. 

Kamu juga bisa mengikuti tes perguruan tinggi negeri lagi hingga dua tahun berikutnya. Tentu dengan persiapan yang lebih matang, sehingga dapat meminimalisir kegagalan.

Itulah 5 cara sukses mengambil jurusan soshum di perguruan tinggi negeri yang bisa kamu praktikan. Jangan lupa untuk selalu semangat dan pantang menyerah dalam meraih impianmu menuntut ilmu di perguruan tinggi yang kamu inginkan.

Jika kamu merasa artikel ini bermanfaat, yuk, bantu sebarkan ke teman-temanmu yang membutuhkan tips sukses ini.

Smber


*) Dikutip dari berbagai sumber

Subscribe...

Masukkan e-mail untuk mendapatkan artikel terbaru

Atau follow kami di :

Tentang Taman Pustaka

Taman Pustaka adalah website yang membahas tentang pelajaran sekolah, madrasah dan pengetahuan umum. Taman Pustaka juga sebagai media pembelajaran bagi para siswa, santri, mahasiswa, serta masyarakat umum yang ingin mengembangkan pengetahuan. pada setiap artikel di taman pustaka di lengkapi gambar dan video agar kandungan materi dalam artikel dapat lebih mudah dipelajari.