Belajar Dari Mana Saja di tamanpustaka.com

Mulai Belajar

UMUM

8 Alasan Jurusan Psikologi Memiliki Banyak Peminat

Nastiti Annisa Saraswati, 23 - Oktober - 2020 2091

Jurusan Psikologi Psikologi Saintek Psikologi Soshum Psikologi di perguruan tinggi Alasan Jurusan Psikologi Memiliki Banyak Peminat Ilmunya Dapat Membantu Manusia Prospek Masa Depan yang Bagus Menarik untuk Dipelajari Tertarik untuk Melakukan Riset


blogs-images

Memilih jurusan di perguruan tinggi mungkin hal yang mudah untuk sebagian orang yang sudah memiliki tujuan, namun urusan ini bisa menjadi sumber kebimbangan untuk yang belum memiliki pertimbangan jurusan yang tepat.

Dari sekian banyak jurusan di perguruan tinggi, Psikologi menjadi salah satu jurusan favorit yang banyak diincar oleh calon mahasiswa. Jurusan Psikologi sendiri terdapat dua macam, yakni Psikologi Saintek dan Psikologi Soshum. Psikologi Saintek lebih mempelajari psikologi yang terkait dengan biologi dan kimia, seperti neurologi. Sedangkan Psikologi Soshum lebih menekankan materi sosial humaniora, seperti mempelajari aplikasi gejala sosial. 

Salah satu alasan jurusan Psikologi banyak diincar oleh calon mahasiswa adalah prospek masa depan yang ditawarkan lebih menjanjikan dan dapat masuk dalam industri apa saja. Selain itu, masih banyak alasan yang menjadikan Psikologi jurusan favorit. Yuk, langsung simak 8 alasannya di bawah ini!

Daftar Isi :

8 Alasan Jurusan Psikologi Memiliki Banyak Peminat

8 Alasan Jurusan Psikologi Memiliki Banyak Peminat

Berikut ini delapan alasan jurusan Psikologi memiliki banyak peminat. Mungkin salah satunya bisa menjadi alasanmu untuk mempertimbangkan mengambil jurusan ini di perguruan tinggi.

1. Ilmunya Dapat Membantu Manusia

Dewasa ini, sudah banyak orang yang menyadari pentingnya menjaga kesehatan mental. Oleh karena itu, tidak sedikit mereka yang memiliki masalah mental mulai berkonsultasi pada tenaga profesional, seperti psikolog atau psikiater karena dianggap memiliki ilmu yang memadai untuk membantu meringankan masalah kesehatan mental mereka. 

Berangkat dari hal tersebut, saat ini banyak calon mahasiswa yang memilih jurusan psikologi agar dapat membantu banyak orang untuk mengatasi masalah pada mental mereka dengan cara berkomunikasi yang baik.

2. Prospek Masa Depan yang Bagus

Lulusan jurusan psikologi tidak harus membuka tempat praktik seperti dokter. Jurusan ini cukup dibutuhkan di banyak sektor industri, sehingga lebih fleksibel untuk menentukan karir di masa depan. 

Sebagai contoh, seorang lulusan dari jurusan Psikologi dapat melamar sebagai staf Human Resources Department (HRD), dosen, konselor, dan masih banyak lagi. Kamu juga masih bisa menjadi psikolog dengan membuka praktik di rumah sakit atau klinik kesehatan.

3. Menarik untuk Dipelajari

Psikologi mempelajari tentang manusia, lebih tepatnya perilaku dan kepribadian manusia. Materi yang dipelajari akan membantumu untuk memahami mengapa seseorang bersikap demikian, masalah mental dan penyebabnya, serta pola asuh yang baik untuk anak. Ilmu-ilmu baru ini juga dapat mengajarkanmu memahami diri sendiri. Menarik sekali bukan? 

4. Tertarik untuk Melakukan Riset

Setiap manusia itu unik dan memiliki kepribadian yang berbeda-beda. Sejak dulu penelitian dilakukan oleh para ilmuwan untuk mendapatkan pemahaman secara objektif tentang manusia dan dunianya.

Untuk kamu yang penasaran dan ingin meneliti lebih lanjut seputar dunia manusia dan kepribadiannya, jurusan Psikologi bisa menjadi pilihanmu di perguruan tinggi. 

5. Ingin Melanjutkan ke Sekolah Pascasarjana

Kalau kamu sudah merencanakan untuk melanjutkan ke sekolah pascasarjana, jurusan Psikologi dapat menjadi langkah yang tepat untuk memulainya. 

Banyak profesi di bidang psikologi yang membutuhkan pendidikan magister, bahkan hingga jenjang pendidikan doktor. Sebagai contoh, psikolog klinis yang membutuhkan pendidikan profesi atau magister untuk dapat berpraktik.

6. Prospek Pekerjaan yang Menantang

Menantang di sini bukan berarti kamu akan bekerja di lingkungan yang ekstrem. Pekerjaan yang menantang di sini maksudnya adalah kamu akan dituntut untuk dapat membantu masalah emosional yang kompleks atau masalah di dunia nyata yang dihadapi pasien yang berbeda-beda. 

Selain itu, seperti yang telah disebutkan sebelumnya, lulusan Psikologi juga bisa menjadi peneliti yang diharapkan dapat memberikan sumbangsih ilmu pengetahuan tentang manusia. 

7. Melatih Kemampuan Menganalisis dan Menafsirkan Data

Meskipun di jurusan Psikologi, kamu akan banyak menghabiskan waktu untuk melakukan penelitian dan mengolah data. Kegiatan mengumpulkan, mengelompokkan, menganalisis, dan menafsirkan data dapat menjadi kemampuan yang sangat bermanfaat untuk diaplikasikan di hampir semua bidang pekerjaan. Misalnya saja, pemasar atau administrator yang tentu membutuhkan riset untuk dapat menentukan keputusan, evaluasi, dan menyelesaikan proyek.

8. Mengejar Keahlian Khusus yang Disukai

Mungkin kamu cenderung menyukai pembahasan seputar perkembangan anak atau perlindungan perempuan. Untuk memperdalam ilmu tentang hal-hal tersebut, jurusan Psikologi bisa menjadi langkah awal yang tepat. 

Dengan menempuh jurusan Psikologi, kamu dapat mengejar karir yang sejalan dengan apa yang kamu suka. Misalnya saja, kamu dapat mengambil spesialisasi psikologi yang berfokus pada perkembangan anak atau pernikahan. 

 

Itulah 8 alasan mengapa jurusan Psikologi memiliki banyak peminat. Manakah yang menjadi alasanmu?

Yuk, bantu sebarkan artikel ini kepada teman-temanmu yang sedang mempertimbangkan mengambil jurusan Psikologi di perguruan tinggi. Siapa tahu jawaban yang mereka cari ada di sini!

Sumber


*) Dikutip dari berbagai sumber

Subscribe...

Masukkan e-mail untuk mendapatkan artikel terbaru

Atau follow kami di :

Tentang Taman Pustaka

Taman Pustaka adalah website yang membahas tentang pelajaran sekolah, madrasah dan pengetahuan umum. Taman Pustaka juga sebagai media pembelajaran bagi para siswa, santri, mahasiswa, serta masyarakat umum yang ingin mengembangkan pengetahuan. pada setiap artikel di taman pustaka di lengkapi gambar dan video agar kandungan materi dalam artikel dapat lebih mudah dipelajari.