Belajar Dari Mana Saja di tamanpustaka.com

Mulai Belajar

UMUM

Sistem Penerimaan Mahasiswa Baru Perguruan Tinggi Negeri Tahun 2020

Aristo Bharata, 23 - Februari - 2020 1330

SNMPTN UTBK SBMPTN LTMPT Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi PTN Perguruan Tinggi Negeri medeka belajar merdekabelajar kuota prodi


blogs-images

sistem penerimaan mahasiswa baru perguruan tinggi

Tahun ajaran baru sudah berada di depan mata. Serangkaian kegiatan penghujung tahun pelajaran sudah menanti, persiapan ujian sekolah, persiapan ujian nasional, bahkan persiapan masuk  ke perguruan tinggi pun sudah mulai di kerjakan. Untuk meningkatkan kualitas proses seleksi berdasarkan tujuan untuk mendapatkan calon mahasiswa yang diprediksi mampu menyelesaikan studi diperguruan tinggi berdasarkan hasil UTBK SBMPTN dan kriteria lain.

Model dan proses seleksi calon mahasiswa baru masuk Perguruan Tinggi Negeri disesuaikan dengan perkembangan teknologi informasi, cyber technology, dan era digitalisasi. Selain itu, tuntutan masyarakat terhadap output pendidikan tinggi  yang kompeten serta kebutuhan model tes dan seleksi calon mahasiswa baru yang mengacu pada prinsip – prinsip kenyamanan, fleksibilitas, dan berkualitas. Untuk memenuhi harapan tersebut, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) membentuk sebuah lembaga yang kredibel, proporsional, efisien, dan efektif. Lembaga tersebut adalah Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).

LTMPT yang secara resmi diluncurkan oleh Menteri Ristek Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia pada tanggal 4 Januari 2019 yang lalu adalah lembaga yang menyelenggarakan tes masuk Perguruan Tinggi bagi calon mahasiswa baru berdasarkan kesetaraan,  keadilan, fleksibilitas, efisiensi, dan akuntabel. Keberadaan LTMPT diharapkan menjadi lembaga yang bisa benar – benar mendapatkan calon mahasiswa baru yang diperkirakan mempunyai keberhasilan studi di Perguruan Tinggi.

Sedangkan fungsi dari LTMPT adalah :

  1. Mengelola dan mengolah data calon mahasiswa untuk bahan seleksi jalur SNMPTN oleh rektor PTN
  2. Mengelola dan mengolah data calon mahasiswa untuk bahan seleksi jalur SBMPTN oleh rektor PTN
  3. Melaksanakan Ujian Tulis Berbasi Komputers (UTBK) SBMPTN terdiri atas Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Kompetensi Akademik (AKA) sebagai salah satu kriteria seleksi calon,
  4. Memberikan informasi hasil UTBK SBMPTN kepada peserta dan PTN tujuan.

Berdasarkan laman resmi LTMPT Penerimaan Mahasiswa Baru Perguruan Tinggi Negeri Tahun 2020 dilaksanakan melalui tiga jalur yaitu :

  1. Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dengan kuota 20% dari daya tampung Program Studi yang bersangkutan
  2. Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dengan kuota 40% dari daya tampung Program Studi yang bersangkutan.
  3. Seleksi Mandiri dengan kuota 30% dari daya tampung Program Studi yang bersangkutan.

Persyaratan peserta untuk dapat mengikuti Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) adalah

  1. Calon peserta berada di kelas terakhir pada pendidikan menengah yang akan lulus pada tahun berjalan
  2. Calon peserta memiliki prestasi akademik baik dan konsisten ditunjukkan dengan merupakan kuota terbaik di sekolah dan dilakukan oleh LTMPT.
  3. Calon peserta masuk kuota peringkat terbaik disekolah yang ditentukan berdasarkan akreditasi sekolah,
  4. Calon peserta memenuhi persyaratan lain yang ditentukan oleh masing – masing Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

Selain dari keempat syarat tersebut, ketentuan lebih lanjut mengenai persyaratan dan tata cara penerimaan mahasiswa baru melalui jalur SNMPTN akan ditetapkan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).

Selanjutnya persyaratan untuk peserta yang ingin mengikuti Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) adalah :

  1. Peserta memiliki nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) SBMPTN yang masih berlaku.
  2. Peserta telah memiliki ijazah atau surat keterangan lulus pendidikan menengah
  3. Lulusan pendidikan menengah maksimal tiga tahun terakhir.

Ketentuan lebih lanjut mengenai persyaratan dan tata cara  penerimaan mahasiswa baru melalui jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) akan ditetapkan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).

Selanjutnya masing – masin Perguruan Tinggi Negeri (PTN) akan mengatur tentang persyaratan, metode, tata cara, dan kriteria seleksi.

Namun sebelumnya, setiap sekolah dan siswa yang ingin mengikuti SNMPT, UTBK, dan SBMPTN harus melakukan registrasi di laman Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). Aturan tersebut merupakan kebijakan yang telah dikeluarkan oleh LTMPT untuk siswa yang ingin mengikuti SNMPTN, UTBK, dan SBMPTN pada tahun 2020 dan berlaku juga bagi siswa lulusan 2018 dan 2019 yang ingin mengikut SBMPTN tahun  2020.

Selamat berjuang dan semoga dapat diterima di Perguruan Tinggi Negeri yang favoritkan. SEMANGAT SUKSES #MERDEKABELAJAR

Sumber 



*) Dikutip dari berbagai sumber

Subscribe...

Masukkan e-mail untuk mendapatkan artikel terbaru

Atau follow kami di :

Tentang Taman Pustaka

Taman Pustaka adalah website yang membahas tentang pelajaran sekolah, madrasah dan pengetahuan umum. Taman Pustaka juga sebagai media pembelajaran bagi para siswa, santri, mahasiswa, serta masyarakat umum yang ingin mengembangkan pengetahuan. pada setiap artikel di taman pustaka di lengkapi gambar dan video agar kandungan materi dalam artikel dapat lebih mudah dipelajari.