Belajar Dari Mana Saja di tamanpustaka.com

Mulai Belajar

IPS KELAS 6

Perkembangan Sistem Administrasi Wilayah Indonesia

Aristo Bharata, 09 - Februari - 2020 4847

administrasi wilayah provinsi kabupaten kota kecamatan teritorial deklarasi juanda indonesia IPS kelas 6


blogs-images

Indonesia merupakan negara yang berdaulat. Keberagaman kekayaan alam yang terkandung di dalamnya merupakan satu kesatuan. Keragaman tidak hanya terjadi pada wilayah Indonesia, bangsa Indonesia pun mempunyai keragaman dalam hal budaya dan suku bangsa. Walaupun berbeda-beda, bangsa Indonesia hidup berdampingan dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Untuk mengatur dan menjaga keutuhan wilayah dan bangsa Indonesia, diperlukan sistem administrasi wilayah. Sistem administrasi wilayah dapat diartikan sebagai kegiatan yang berkaitan dengan pengaturan wilayah. Sesuai dengan pasal 1 ayat 1 UUD 1945, Indonesia adalah negara  kesatuan yang berbentuk republik. Sesuai dengan pasal 18 UUD 1945, wilayah NKRI  dibagi beberapa provinsi.

Provinsi adalah daerah pemerintahan yang terdiri atas beberapa wilayah kabupaten atau wilayah kota yang dipimpin oleh seorang gubernur. Wiayah kota dan kabupaten terdiri atas beberapa wilayah kecamatan. Kecamatan terdiri atas beberapa wilayah desa dan kelurahan. Wilayah kabupaten dipimpin oleh bupati sedangkan wilayah kota dipimpin oleh seorang walikota. Wilayah kecamatan dipimpin oleh seorang camat. Wilayah desa dipimpin oleh seorang kepala desa dan wilayah kelurahan dipimpin oleh seorang lurah.

Pada awal berdirinya, NKRI dibagi menjadi 8 provinsi. Provinsi-provinsi tersebut adalah Sumatera, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sunda Kecil, Kalimantan, Sulawesi, Maluku.

Pada tahun 1950, Provinsi Sumatera dimekarkan menjadi Provinsi Sumatera Utara Sumatera Tengah, dan Sumatera Selatan. Provinsi Jawa Tengah dimekarkan menjadi Provinsi Jawa Tengah dan Povinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DI Yogyakarta).

BACA JUGA  : Perkembangan Wilayah Laut Teritorial Indonesia

Pada tahun 1956, jumlah provinsi di Indonesia mengalami pemekaran kembali. Pemekaran terjadi pada provinsi Sumatera Utara (Daerah Istimewa Aceh/DI Aceh dan Sumatera Utara), Provinsi Jawa  Barat (Daerah Khusus Ibukota Jakarta Raya/DKI Jaya dan Jawa Barat) dan Propinsi Kalimantan (Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Barat).

Pada tahun 1957, provins yang dimekarkan adalah Provinsi Sumatera Tengah (Sumatera Barat, Riau, dan Jambi) dan Provinsi Kalimantan Selatan (Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah).

Pada tahun 1958, provinsi yang dimekarkan adalah Provinsi Sunda Kecil (Bali, Nusa Tenggara Baratm dan Nusa Tenggara Timur) dan Provinsi Riau dan Jambi

Berikut adalah pemekaran provinsi-provinsi di Indonesia sejak tahun 1959

  1. Tahun 1959, Provinsi Sumatera Selatan dimekarkan menjadi Provinsi Sumatera Selatan dan Provinsi Lampung.
  2. Tahun 1960, Provinsi Sulawesi dibagi menjadi dua yaitu Provinsi Sulawesi Utara dan Provinsi Sulawesi Tengah serta Provinsi Sulawesi Selatan dan Provinsi Sulawesi Tenggara.
  3. Tahun 1967, Provinsi Sumatera Selatan dimekarkan menjadi Provinsi Bengkulu dan Provinsi Sumatera Selatan.
  4. Tahun 1969, Irian jawa di pulau Papua bagian barat menjadi Provinsi ke-26 Indonesia.
  5. Tahun 1976, Timor Timur menjadi Provinsi ke-27 Indonesia. Timor Timur adalah wilayah bekas jajahan Portugis yang terletak di pulau Timor bagian timur.
  6. Tahun 1999, Provinsi Timor Timur memisahkan diri dari Indonesia. Timor Timur menjadi negara baru bernama Timor Leste.
  7. Tahun 1999, Provinsi Maluku dimekarkan menjadi Provinsi Maluku dan Provinsi Maluku Utara. Provinsi Irian Jaya dibagi menjadi tiga provinsi yaitu Provinsi Papua Barat, Provinsi Papua Tengah, dan Provinsi Papua Timur.
  8. Tahun 2000, Provinsi Sumatera Selatan dimekarkan menjadi Provinsi Sumatera Selatan dan Provinsi Bangka Belitung. Provinsi Jawa Barat dimekarkan menjadi Provinsi Jawa Barat dan Provinsi Banten.  Provinsi Sulawesi Utara dimekarkan menjadi Provinsi Sulawesi Utara dan Provinsi Grontalo.
  9. Tahun 2002, provinsi baru yang dibentuk adalah Provinsi Kepulauan Riau yang dimekarkan dari Provinsi Riau.

10.       Tahun 2004, terjadi penggabungan Provinsi Papua Tengah dengan Provinsi Papua Timur menjadi Provinsi Papua. Provinsi Papua Barat menjadi Provinsi Irian Jaya barat.  Di pulau Sulawesi dibentuk provinsi baru yaitu Provinsi Sulawesi Barat yang dimekarkan dari Provinsi Sulawesi Selatan.

Peta indonesia

Sumber



*) Dikutip dari berbagai sumber

Subscribe...

Masukkan e-mail untuk mendapatkan artikel terbaru

Atau follow kami di :

Tentang Taman Pustaka

Taman Pustaka adalah website yang membahas tentang pelajaran sekolah, madrasah dan pengetahuan umum. Taman Pustaka juga sebagai media pembelajaran bagi para siswa, santri, mahasiswa, serta masyarakat umum yang ingin mengembangkan pengetahuan. pada setiap artikel di taman pustaka di lengkapi gambar dan video agar kandungan materi dalam artikel dapat lebih mudah dipelajari.