Belajar Dari Mana Saja di tamanpustaka.com

Mulai Belajar

IPA KELAS 6

Ciri Khusus Pada Beberapa Hewan Dan Tumbuhan

Aristo Bharata, 05 - Februari - 2020 1781

IPA ilmu pengetahuan alam sains ciri khusus makhluk hidup makhluk hidup adaptasi respirasi insektivora venus flytrap perekat pada kaki cecak dan tokek ekolokasi gema pada kalelawar punuk unta selaput pada kaki bebek daun penjebak pada tumbuhan insektivora


blogs-images

Beberapa hewan dan tumbuhan memiliki keunikan sendiri, keunikan tersebut terbentuk karena hewan dan tumbuhan beradaptasi dengan lingkungannya. Tujuan hewan dan tumbuhan beradaptasi dengan lingkungannya adalah untuk bertahan hidup. berikut ciri-ciri khusus pada beberapa hewan dan tumbuhan

 

Daftar isi :

  1. Perekat pada kaki cecak dan tokek
  2. Ekolokasi gema pada kalelawar
  3. Punuk unta
  4. Selaput pada kaki bebek
  5. Daun penjebak pada tumbuhan insektivora
  6. Batang penyimpan air pada kaktus
  7. Akar nafas pada pohon bakau

 

Perekat Pada Kaki Cecak dan Tokek

Kaki Tokek

Coba amati cecak dan tokek yang dapat berjalan di dinding, pernahkah anda berpikir mengapa cecak dan tokek tidak jatuh?

Pada kaki cecak dan tokek terdapat guratan-guratan. Di guratan-guratan kaki cecak dan tokek terdapat  bulu-bulu yang berfungsi  sebagai perekat. Bentuk telapak kaki tersebut yang membuat cecak dan tokek dapat merayap di  dinding tanpa terjatuh.

 

Ekolokasi Gema pada Kelelawar

kelelawar

Kelelawar tidak memiliki penglihatan yang tajam, mereka mengeluarkan bunyi berfrekuensi tinggi dari mulut dan hidungnya. Bunyi yang dikeluarkannya berfungsi untuk mengenali segala sesuatu di sekitarnya. Bunyi yang dikeluarkan akan mengenai benda atau sesuatu disekitarnya kemudian suara pantulannya akan ditangkap oleh telinga kelelawar dan diterjemahkan sebagai benda. Cara kalelawar tersebut disebut ekolokasi gema.

 

Baca juga : Ciri Khusus Makhluk Hidup dan Lingkungannya

 

Punuk Unta

Unta

Unta adalah hewan padang pasir. Unta sanggup tidak makan dan tidak minum selama berhari-hari. Unta memiliki punuk, punuk unta tersebutlah yang menyebabkan unta dapat bertahan berhari-hari tanpa makan dan minum. Punuk unta terdiri dari lapisan lemak. Punuk unta berfungsi sebagai tempat cadangan makanan.

Selain punuk, unta juga memiliki ciri khusus yaitu bulu mata. Bulu mata unta berfungsi melindungi mata unta dari pasir yang berterbangan di gurun. Maka dari itu bulu mata unta panjang-panjang.

Selaput pada Kaki Bebek

selaput kaki bebek

Bebek adalah salah satu hewan unggas yang dapat berenang. Bebek menggunakan kakinya untuk berenang. Diantara jari-jari kaki bebek terdapat selaput sehingga kaki-kaki bebek dapat berfungsi sebagai dayung saat berenang. Dengan demikian, bebek dapat berenang dengan cepat.

Bebek juga memiliki bulu-bulu yang mengandung lapisan minyak. Lapisan minyak pada  bulu-bulu bebek berfungsi agar bebek tidak basah kuyup saat berenang dan bulu-bulu yang mengandung minyak tersebutlah yang membantu bebek dapat mengapung di air.

Daun penjebak pada tumbuhan insektivora

Tumbuhan pemangsa hewan disebut insektivora. Tujuan tumbuhan memangsa hewan adalah untuk mendapatkan nitrogen. Tumbuhan insektivora memiliki kelenjar yang mengeluarkan cairan lengket. Cairan lengket tersebut berfungsi untuk menjerat dan mencerna mangsanya. Beberapa Tumbuhan insektivora yang ada disekitar kita adalah

venus flytrap memiliki kantung yang dapat menutup jika daunnya  tersentuh oleh serangga, sehingga serangga terjebak didalamnya amatilah.

 

Kantong semar memiliki daun yang berbentuk seperti kantong, daun tersebut berfungsi untuk menangkap serangga.

Embun matahari (Drosera) berambut lengket untuk menangkap serangga.

Batang penyimpan air pada kaktus

kaktus

Kaktus adalah tumbuhan yang hidup di daerah gurun dan kering. Kaktus dapat menyimpan air sebagai cadangan melalui batang dan akar. Air yang diserap oleh batang dan akar kaktus kemudian disimpan di dalam batang. Kulit batang kaktus yang tebal. Kulit batang kaktus  yang tebal berfungsi untuk mengurangi penguapan cairan. Selain itu, untuk mengurangi penguapan kaktus memiliki daun yang kecil menyerupai duri.

Akar Nafas pada Pohon Bakau

akar nafas pohon bakau

Pohon bakau tumbuhan darat yang tumbuh di pesisir pantai. Pohon bakau dapat tumbuh di air asin, akar pohon bakau memiliki tumbuh di lumpur yang miskin oksigen. Oleh karena itu, pohon bakau memiliki sistem perakaran khusus. Bentuk akar pohon bakau menyembul ke permukaan air yang disebut pneumatofora atau akar nafas. Akar nafas ini mampu menyerap oksigen dari udara, kemudian disalurkan ke bagian tumbuhan yang lain.

Sumber


*) Dikutip dari berbagai sumber

Subscribe...

Masukkan e-mail untuk mendapatkan artikel terbaru

Atau follow kami di :

Tentang Taman Pustaka

Taman Pustaka adalah website yang membahas tentang pelajaran sekolah, madrasah dan pengetahuan umum. Taman Pustaka juga sebagai media pembelajaran bagi para siswa, santri, mahasiswa, serta masyarakat umum yang ingin mengembangkan pengetahuan. pada setiap artikel di taman pustaka di lengkapi gambar dan video agar kandungan materi dalam artikel dapat lebih mudah dipelajari.