Belajar Dari Mana Saja di tamanpustaka.com

Mulai Belajar

IPA KELAS 4

Keberagaman Sumber Daya Alam

ELY ZULAIKHA, 05 - September - 2023 592

pengertian sumber daya alam jenis-jenis sumber daya alam sumber daya alam hayati sumber daya alam non hayati


blogs-images

Daftar Isi

  1. Pengertian Sumber Daya Alam
  2. Jenis-jenis sumber daya alam
  3. Manfaat Sumber Daya Alam
  4. Pelestarian Sumber Daya Alam

Sumber daya alam sangat dibutuhkan dalam kehidupan. Semua makhluk hidup yang ada di bumi membutuhkan sumber daya alam. Makhluk hidup terdiri dari manusia, hewan dan tumbuhan. Setiap makhluk hidup memanfaatkan sumber daya alam secara berbeda-beda.

­Indonesia memiliki kekayaan alam yang sangat beragam, sehingga manusia dapat memanfaatkan sumber daya alam yang melimpah. Lalu apa saja sumber daya alam tersebut? Mari kita pelari.

A. Pengertian Sumber Daya Alam

Sumber daya alam adalah segala sesuatu yang berasal dari alam. Sedangkan daya alam digunakan oleh manusia untuk memenuhi kebutuhan hidup dan kesejahteraan. Seperti air, laut, hewan, tumbuhan, gas bumi, minyak bumi, bebatuan, emas dan sebagainya.

B. Jenis-jenis sumber daya alam

berdasarkan jenisnya, sumber daya alam dikelompokkan menjadi 2, yaitu sumber daya alam hayati dan sumber daya alam non hayati.

1. Sumber Daya Alam Hayati

Sumber daya alam hayati adalah sumber daya alam yang berasal dari makhluk hidup, hewan dan tumbuhan.

a) Sumber daya alam dari hewan

seluruh bagian hewan dapat dimanfaatkan manusia untuk memenuhi kebutuhannya, mulai dari pakaian, makanan, hingga kosmetik. Bagian tubuh hewan banyak digunakan sebagai bahan dasar pembuatan produk kecantikan. Dibawah ini manfaat sumber daya alam dari hewan:

  • Bahan pangan

Manusia memanfaatkan hewan sebagai lauk pauk, kita memerlukan nutrisi empat sehat lima sempurna, salah satunya daging, protein dalam daging mencukupi kebutuhan harian kita. Contoh hewan yang dimanfaatkan manusia antara lain sapi, ayam,ikan, kambing, dan lain-lain. Manfaat lain dari hewan adalah menghasilkan susu. Kemudian diproses menjadi susu formula, susu fermentasi, keju dan olahan lainnya. Hewan juga menghasilkan telur, diantaranya telur ayam dan telur burung puyuh dapat dimanfaatkan sebgai bahan pangan yang berprotein tinggi.

  • Bahan sandang

Bagian kulit hewan dapat dimanfaatkan untuk memuat pakaian yang berkualitas, bahan wol dari bulu domba dan kain sutra dari kepompong ulat sutra. Kulit hewan juga dapat dimanfaatkan sebagai perlengkapan rumah tangga seperti tas, jaket, spatu, jok mobil dan pelapis kursi sofa.

  • Produk kesehatan

Selain barang sandang, beberapa hewan dapat menghasilkan produk kesehatan, seperti susu kambing dimanfaatkan untuk kesehatan pencernaan, madu dimanfaatkan untuk meningkatkan imun tubuh dan sarang burung burung walet dimanfaatkan untuk menambah stamina.

b) Sumber daya alam dari tumbuhan

tumbuhan menjadi sumber daya alam hayati yang dapat dimanfaatkan manusia untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Bagian tumuhan dapat dimanfaatkan dari akar hingga buahnya. Berikut bagian tumbuhan yang dapat dimanfaatkan menjadi berbagai macam olahan diantaranya:

  • Bahan pangan

Tumbuhan bisa dijadikan bahan pangan, banyak makanan yang berasal dari tumbuhan. Misalnya masyarakat dari daerah Bandungan Kab. Semarang, mereka bermata pencaharian sebagai petani sayuran seperti wortel, kubis, seledri, bayam dan lain-lain.

  • Bahan sandang

Tumbuhan bisa dijadikan bahan pembuat pakaian. Misalnya pohon randu, buahnya diambil dan diolah menjadi serat kain. Serat randu diiambil untuk dijadikan benang. Dari benang dijadikan kain, lalu kainnye menjadi pakaian yang kita pakai sehari-hari.

  • Peralatan rumah tangga

Peralatan rumah tangga yang sering kita temui di rumah ada yang berasal dari tumbuhan, Sebagian berasal dari kayu. Misalnya meja, kursi, pintu, lemari dan tiang. Kayu juga dapat digunakan sebagai bahan baku pembuatan kertas dan tisu. selain kayu, karet juga dapat digunakan untuk membuat ban mobil dan sepeda. Kemudian ada rotan, rotan dapat digunakan sebagai anyaman untuk membuat kursi, tali dan topi. Lalu ada bambu, bambu dimanfaatkan menjadi tiang. Di daerah Temanggung, bambu dianyam menjadi alas untuk menjemur tembakau. Selain untuk menjemur tembakau, bambu juga dianyam menjadi tempat menjemur padi, pagar dan dinding rumah.

  • Produk Kesehatan dan perawatan tubuh

Sumber daya alam hayati juga dapat dimanfaatkan sebagai produk Kesehatan misalnya jamu, masyarakat sudah mengenal obat herbal yang ampuh menyembuhkan berbagai macam penyakit. Bahan yang dapat digunakan sebagai obat herbal yaitu kunyit, jahe, kencur, temulawak, kumis kucing dan mengkudu. Selain itu, tumbuhan dimanfaatkan sebagai bahan kosmetik seperti urang aring , lidah buaya, sari mawar, sari melati, bengkoang, sari teh, sari kopi dan lain-lain.

2. Sumber Daya Alam Non Hayati

Jika sumber daya alam hayati berasal dari tumbuhan dan hewan, maka sumber daya alam non hayati berasal dari benda mati atau benda tak hidup seperti tanah, batuan dan bahan tambang. Sumber daya alam non hayati umumnya dimanfaatkan sebagai bahan bangunan dan kebutuhan rumah tangga.

a) Bahan bangunan

bahan bangunan yang digunakan untuk membangun rumah berasal dari tanah liat, batu bara, pasir, semen dan besi.

b) Peralatan rumah tangga

Sebagian besar peralatan dapur berasal dari alumunium, contohnya panci, penggorengan dan lainnya yang terbuat dari logam alumunium. Alat rumah tangga berasal dari plastik seperti mangkok, kantong plastic, ember dan baskom. Plastik berasal dari bahan kimia buatan, yang dibuat khusus untuk membantu manusia dalam memenuhi kebutuhan hidup. Pagar rumah dan tiang peyangga terbuat dari logam besi. Manusia memanfaatkan minyak bumi untuk bahan bakar seperti solar, bensin, batu bara dan gas. Emas yang sering kita jumpai dimanfaatkan sebagai kebutuhan tersier manusia seperti kalung, gelang dan cincin.

C. Manfaat Sumber Daya Alam

Tahukah kalian sumber daya alam apa saja yang dapat dimanfaatkan dalam kehidupan? Mungkin kalian belum sadar bahwa alam memberikan banyak sekali manfaat untuk kehidupan kita. Sumber daya alam dapat dimanfaatkan untuk menunjang dan memudahkan kegiatan manusia dalam memenuhi kebutuhannya. Manfaat kekayaan alam bagi Masyarakat dapat dirasakan secara langsung, seperti hasil pertanian dan perkebunan. Sayur-sayuran, buah-buahan, padi menjadi contoh beberapa hasil kekayaan alam yang dapat dimanfaatkan langsung. Kemudian ada juga sumber daya alam yang tidak dapat dimanfaatkan secara langsung, seperti minyak bumi yang harus diolah terlebih dahulu. Setelah melalui proses yang Panjang, minyak bumi menjadi solar, minyak tanah, bensin maupun aspal agar dapat dimanfaatkan oleh masyarakat. Sumber daya alam yang kita miliki menghasilkan kekayaan alam berupa hasil pertanian, hasil perkebunan, hasil hutan, hasil pertambangan dan hasil perikanan. Sumber daya alam tersebut bermanfaat jika kita mengetahui cara mengelolanya dengan baik. Setiap kekayaan sumber daya alam yang kita miliki mempunyai manfaat dan kegunaannya masing-masing.

D. Pelestarian Sumber Daya Alam

Ketersediaan sumber daya alam sangat penting untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia, namun sebagai manusia kita juga harus melestarikan sumber daya alam agar kelak anak cucu kita dapat merasakan manfaatnya.

a) Pelestarian Tanah

tanah merupakan habitat utama tumbuhan, pohon tidak akan tumbuh tanpa tanah yang subur. Oleh karena itu, kita perlu menjaga kesuburan tanah dengan melakukan pemumukan, penanaman pohon di hutan yang gundul, dan membuat terasering yang bermanfaat untuk menghambar terkikisnya tanah oleh aliran air hujan.

b) Pelestarian Air

Air menjadi sumber kehidupan manusia, sehingga sebagai manusia kita harus memanffaatkan air secara bijak. Kita dapat melestarikan air dengan cara tidak mencemari laut maupun Sungai, membuat resapan air pada setiap pemukiman penduduk dan menggunakan air secara hemat.

c) Pelestarian Hutan

Hutan menjadi dalah satu paru-paru dunia, karena banyak pepohonan yang mejadi penghasil oksigen terbesar di dunia. Kita perlu melestarikannya dengan cara reboisasi atau penanaman hutan Kembali yang gundul, melakukan sistem tebang pilih, mencegah penebangan liar dan pembakaran hutan.

d) Pelestarian Barang Tambang

Barang tambang menjadi sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui, sehingga kita perlu menggunakan barang tambang secara hemat, dan memanfaatkan barang tambang yang sudah tidak terpakai dengan cara mendaur ulang.

e) Pelestarian Hewan Air

Kita dapat melestarikan hewan air dengan cara tidak menangkap ikat mengggunakan pukat harimau, tidak mengebom laut, dan kita harus melakukan kebersihan laut dan Sungai secara rutin.

 

Subscribe...

Masukkan e-mail untuk mendapatkan artikel terbaru

Atau follow kami di :

Tentang Taman Pustaka

Taman Pustaka adalah website yang membahas tentang pelajaran sekolah, madrasah dan pengetahuan umum. Taman Pustaka juga sebagai media pembelajaran bagi para siswa, santri, mahasiswa, serta masyarakat umum yang ingin mengembangkan pengetahuan. pada setiap artikel di taman pustaka di lengkapi gambar dan video agar kandungan materi dalam artikel dapat lebih mudah dipelajari.