Belajar Dari Mana Saja di tamanpustaka.com

Mulai Belajar

SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS XII

Tanggung Jawab Manusia Terhadap Keluarganya Dan Masyarakat 2

ELY ZULAIKHA, 12 - Desember - 2020 2634

tanggung jawab manusia terhadap keluarga tanggung jawab manusia terhadap masyarakat sejarah kebudayaan islam tanggung jawab manusia umar bin khattab keluarga


blogs-images

Tanggung jawab manusia itu ada 2, yaitu secara vertikal dan horisontal. Vertikal dengan cara mengabdi dan menyembah Allah. Horisontal dengan cara berbuat baik kepada manusia, baik itu orang tua, sanak kerabat, anak yatim piatu, orang miskin, tetangga, teman, hamba sahaya, dan ibnu sabil.

Daftar isi :

Tanggung Jawab dalam Masyarakat

  1. Q.S. Al-An’am: 70

وَذَرِ ٱلَّذِينَ ٱتَّخَذُوا۟ دِينَهُمْ لَعِبًا وَلَهْوًا وَغَرَّتْهُمُ ٱلْحَيَوٰةُ ٱلدُّنْيَا ۚ وَذَكِّرْ بِهِۦٓ أَن تُبْسَلَ نَفْسٌۢ بِمَا كَسَبَتْ لَيْسَ لَهَا مِن دُونِ ٱللَّهِ وَلِىٌّ وَلَا شَفِيعٌ وَإِن تَعْدِلْ كُلَّ عَدْلٍ لَّا يُؤْخَذْ مِنْهَآ ۗ أُو۟لَٰٓئِكَ ٱلَّذِينَ أُبْسِلُوا۟ بِمَا كَسَبُوا۟ ۖ لَهُمْ شَرَابٌ مِّنْ حَمِيمٍ وَعَذَابٌ أَلِيمٌۢ بِمَا كَانُوا۟ يَكْفُرُونَ

Artinya:

“Dan tinggalkan lah orang-orang yang menjadikan agama mereka sebagai main-main dan senda gurau, dan mereka telah ditipu oleh kehidupan dunia. Peringatkanlah (mereka) dengan Al-Quran itu agar masing-masing diri tidak dijerumuskan ke dalam neraka, karena perbuatannya sendiri. Tidak akan ada baginya pelindung dan tidak pula pemberi syafa'at selain daripada Allah. Dan jika ia menebus dengan segala macam tebusanpun, niscaya tidak akan diterima itu daripadanya. Mereka itulah orang-orang yang dijerumuskan ke dalam neraka. Bagi mereka (disediakan) minuman dari air yang sedang mendidih dan azab yang pedih disebabkan kekafiran mereka dahulu.” (Q.S. Al-An’am: 70)

Pada Q.S Al-An’am ayat 70, Allah memerintahkan Nabi Muhammad dan kaum Muslimin agar tidak bergaul dengan orang-orang yang memperdaya agama untuk kepentingan dunianya. Mereka menjadikan agama sebagai candaan karena sudah terpedaya oleh hafa nafsu. Mereka yang sudah tertipu dengan kehidupan dunia, dampaknya akan berbahaya yang menjerumuskan diri dalam kesengsaraan. 

Sebagai tanggung jawab sosial dan moral, dalam ayat ini Allah telah memerintahkan agar mereka diingatkan dengan ayat-ayat Al-Qur’an agar tidak terjerumus ke dalam neraka. Karena tidak ada satu orang pun yang bisa menolong mereka kecuali Allah SWT. Dihari itu, tidak ada segala sesuatu yang bisa dijadikan tebusan untuk mereka sendiri agar bisa terhindar dari azab Allah yang keji.

  1. Q.S. An-Nisa’: 36

وَٱعْبُدُوا۟ ٱللَّهَ وَلَا تُشْرِكُوا۟ بِهِۦ شَيْـًٔا ۖ وَبِٱلْوَٰلِدَيْنِ إِحْسَٰنًا وَبِذِى ٱلْقُرْبَىٰ وَٱلْيَتَٰمَىٰ وَٱلْمَسَٰكِينِ وَٱلْجَارِ ذِى ٱلْقُرْبَىٰ وَٱلْجَارِ ٱلْجُنُبِ وَٱلصَّاحِبِ بِٱلْجَنۢبِ وَٱبْنِ ٱلسَّبِيلِ وَمَا مَلَكَتْ أَيْمَٰنُكُمْ ۗ إِنَّ ٱللَّهَ لَا يُحِبُّ مَن كَانَ مُخْتَالًا فَخُورًا

Artinya:

Dan sembahlah Allah dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatupun. Dan berbuat baiklah kepada dua orang ibu-bapak, karib-kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin, tetangga yang dekat dan tetangga yang jauh, dan teman sejawat, ibnu sabil dan hamba sahayamu. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong dan membangga-banggakan diri.” (Q.S. An-Nisa’: 36)

Tanggung jawab manusia secara vertikal yaitu beribadah, kita menyembah dan mengabdi kepada Allah. Sedangkan ibadah menjadi kewajiban seseorang kepada Allah SWT sebagai Penciptanya. Dalam hal ini, ibadah dibagi menjadi 2 yaitu : 

  1. Bersifat khusus (mahdah), contohnya salat, puasa, zakat, dan haji.
  2. Bersifat umum (ghairu mahdah), yaitu perbuatan baik yang dilaksanakan dalam rangkah patuh dan taat kepada Allah. Contohnya bersedekah, menyingkirkan hal-hal yang dapat menghalangi orang di jalan, menunjukkan jalan kepada orang yang tersesat, dan lain-lain.

Kita harus ikhlas dalam melaksanakan ibadah. Karena jika kita tidak ikhlas maka itu termasuk (riya’), maksudnya kegiatan yang kita lakukan semata-mata ingin dilihat dan dipuji orang lain. Riya’ termasuk ke dalam perbuatan syirik kecil (sagir). 

Tanggung jawab manusia secara horisontal yaitu kewajiban sesama manusia, salah satunya berbuat baik dengan kedua orang tua. Ini menjadi kewajiban kita setiap manusia. Perintah mengabdi kepada Allah diiringi perintah berbuat baik kepada ibu bapak adalah suatu peringatan bahwa jasa mereka itu sungguh besar yang tidak dapat dinilai harganya dengan benda. Berbuat baik kepada kedua orang tua itu mencakup segala aspek, baik perbuatan ataupun perkataan yang membuat mereka senang. Kita bersikap sopan santun kepada orang tua juga termasuk berbuat baik. Mematuhi segala perintah dan nasihatnya, kecuali yang dilarang Allah. Mendoakan kedua orang tua kita agar semua dosanya diampuni juga termasuk berbuat baik.

Kita juga diperintahkan berbuat baik dengan sanak kerabat, karena mereka yang paling dekat setelah orang tua, baik adanya hubungan darah maupun tidak. Lalu kita juga harus berbuat baik kepada anak yatim dan orang miskin. Untuk anak yatim kita harus meyantuninya, sedangkan untuk orang miskin, kita harus membiayai kehidupan sehari-harinya. Kekafiran itu sangat dekat dengan kekufuran. Maka dari itu, agar mereka tidak terjerumus ke lembah kehinaan dan tetap menjadi anggota masyarakat, kita harus berperikemanusiaan yang mempunyai sifat kasih sayang dan siap membantu mereka. Demikian halnya tetangga dekat, tetangga jauh, teman, ibnu sabil, dan hamba sahaya. Kita wajib membantu dan menolong mereka baik dengan bantuan materi ataupun moral. Sehingga timbul semangat untuk meningkatkan taraf hidupnya dan bersama-sama menjadi warga masyarakat yang tenteram dan sejahtera.

tangung jawab dalam masyarakat

Sumber


*) Dikutip dari berbagai sumber

Subscribe...

Masukkan e-mail untuk mendapatkan artikel terbaru

Atau follow kami di :

Tentang Taman Pustaka

Taman Pustaka adalah website yang membahas tentang pelajaran sekolah, madrasah dan pengetahuan umum. Taman Pustaka juga sebagai media pembelajaran bagi para siswa, santri, mahasiswa, serta masyarakat umum yang ingin mengembangkan pengetahuan. pada setiap artikel di taman pustaka di lengkapi gambar dan video agar kandungan materi dalam artikel dapat lebih mudah dipelajari.