Belajar Dari Mana Saja di tamanpustaka.com

Mulai Belajar

KULIAH JURUSAN PSIKOLOGI

Mengenal Kuliah Jurusan Psikologi Dan Apa Saja Yang Dipelajari

Tsurayya Maknun, 12 - Nopember - 2020 1874

Jurusan Psikologi Kuliah Kesehatan Mental Jurusan Kuliah Favorit Mata Kuliah Pengantar Asessmen dan Intervensi Praktek Kerja Lapangan Metodologi Penelitian Skripsi


blogs-images

Kuliah jurusan psikologi belakangan ini menjadi favorit bagi calon mahasiswa baru. Kepopuleran jurusan psikologi semakin meningkat seiring dengan semakin ramainya pembahasan mengenai kesehatan mental. Hal tersebut yang membuat orang-orang mulai tertarik dengan psikologi. Jurusan psikologi umumnya masuk dalam rumpun ilmu sosial, meski ada beberapa universitas yang memasukkan psikologi ke dalam rumpun ilmu alam seperti Universitas Padjadjaran, Universitas Sebelas Maret, Universitas Hasanuddin, Universitas Sriwijaya dan Universitas Andalas.

Sebenarnya apa saja yang dipelajari dalam jurusan psikologi? Apakah benar pembahasannya seputar alam bawah sadar, kepribadian, atau ada yang lainnya?  Apa iya jurusan psikologi mudah karena sudah ada di sekitar kehidupan manusia? Berikut ini adalah pembahasan tentang mengenal kuliah jurusan psikologi dan apa saja yang dipelajari.  

jurusan psikologi

Daftar Isi :

Pengertian Dasar  

Psikologi adalah ilmu yang mempelajari tentang jiwa manusia. Keberadaan jiwa manusia yang tentu saja tidak terlihat kasat mata, dipelajari melalui memperhatikan perilaku manusia. Jadi, pada dasarnya psikologi adalah ilmu yang mempelajari tentang perilaku manusia. Pada tiap universitas mungkin akan berbeda kurikulum yang diajarkan, akan tetapi secara umum materi yang dipelajari tentunya sama. Ini adalah hal yang dipelajari ketika kuliah jurusan psikologi

Mata Kuliah Pengantar

Di semester awal, sama seperti jurusan kuliah lainnya, jurusan psikologi akan mempelajari mata kuliah dasar yang menjadi pengenalan terhadap apa itu psikologi. Biasanya akan mempelajari sejarah aliran psikologi, biopsikologi, psikologi umum, psikologi sosial, dan lainnya. Sejarah aliran psikologi mempelajari tentang sejarah ilmu psikologi serta aliran-aliran yang ada dalam psikologi. Sedangkan biopsikologi mempelajari tentang kaitan psikologi dengan biologis manusia. Lalu, psikologi umum mempelajari tentang dasar dan pengantar psikologi secara umum. Kemudian, psikologi sosial mempelajari tentang perilaku manusia dalam konteks sosial-masyarakat.

Tidak hanya mata kuliah tentang psikologi saja, tetapi ada pula mata kuliah dari ilmu yang bersinggungan seperti sosiologi maupun antropologi. Ada pula mata kuliah wajib dari universitas seperti pancasila,  kewarganegaraan, agama, dan sebagainya.

Berbagai Mata Kuliah Psikologi

Semakin naik semester, semakin mendalam pula yang dipelajarinya. Mata kuliah selanjutnya akan bertemu dengan psikologi perkembangan yang mempelajari tahap perkembangan fisik dan psikologi manusia, psikologi kepribadian yang mempelajari tentang kepribadian manusia dari berbagai teori, psikologi pendidikan yang mempelajari perilaku manusia dalam konteks pendidikan, psikologi industri organisasi yang mempelajari tentang dinamika kerja dan sebagainya.

Asesmen dan Intervensi adalah Kunci  

Di tahun kedua perkuliahan biasanya akan dikenalkan pada asesmen dan intervensi. Asesmen adalah serangkaian kegiatan yang bertujuan untuk mencari tahu, mengamati, maupun menganalisis keadaan subjek. Asesmen terhadap subjek bisa kepada manusia atau perusahaan, bergantung pada konteks apa yang ingin diketahui masalahnya. Kemudian intervensi adalah kegiatan yang bertujuan untuk memberikan perlakuan atau aktivitas untuk upaya memperbaiki masalah yang diketahui dari asesmen sebelumnya. Kegiatan asesmen dan intervensi kemudian akan terus digunakan pada mata kuliah dan tugas-tugas psikologi selanjutnya. Maka dari itu, penting untuk memahami kunci dari ilmu psikologi ini.

Namun untuk kuliah setingkat sarjana, kegiatan intervensi biasanya hanya sampai pada desain atau pembentukan kerangka intervensi saja. Jika pun rancangan intervensi tersebut dilaksanakan, tetap harus diawasi oleh dosen karena ranah intervensi adalah wewenang psikolog. Sementara mahasiswa psikologi belum bergelar psikolog. Untuk mendapatkan gelar psikologi, harus menempuh pendidikan S1 Psikologi dan S2 Profesi Psikologi.   

Praktik Kerja Lapangan

Di dunia perkuliahan ada praktik kerja lapangan (PKL). Kegiatan PKL yaitu mahasiswa melakukan kegiatan belajar serta praktik langsung di suatu instansi terkait jurusannya. Bagi mahasiswa yang kuliah jurusan psikologi, praktik kerja lapangan bisa dilaksanakan di rumah sakit jiwa (psikologi klinis), perkantoran (psikologi industri organisasi), sekolah (psikologi pendidikan), lembaga sosial (psikologi sosial) dan sebagainya. Praktik kerja lapangan umumnya dilaksanakan di semester tiga dan selanjutnya. Sekali lagi, bergantuk kebijakan universitas masing-masing. Mahasiswa juga bisa magang atas kemauan sendiri dengan mengajukan diri pada instansi terkait.  

Metodologi Penelitian

Sebagaimana kuliah, di jurusan psikologi juga mempelajari mata kuliah metodologi penelitian. Mata kuliah ini nantinya akan menjadi bekal untuk melaksanakan seminar proposal dan skripsi. Tentunya sangat penting untuk memahami mata kuliah metodologi penelitian agar bisa lancar dalam menjalankan skripsi nantinya, yang mana akan menentukan kelulusan mahasiswa. Umumnya penelitian dalam psikologi ada kualitatif, kuantitatif, studi literatur, dan sebagainya. Terkadang, setiap universitas juga mempunyai kebijakan masing-masing mengenai metodologi yang boleh digunakan oleh mahasiswanya dalam penulisan skripsi.

Skripsi

Sama seperti kuliah lainnya, skripsi menjadi persyaratan untuk kelulusan mahasiswa psikologi. Bekal untuk menulis skripsi telah diajarkan pada mata kuliah sebelumnya yakni metodologi penelitian. Skripsi mengharuskan mahasiswa untuk meneliti suatu permasalahan yang memiliki urgensi untuk diteliti lebih lanjut. Ada banyak fenomena dan permasalahan psikologi yang bisa diangkat untuk menjadi topik skripsi. Mahasiswa bisa memperoleh inspirasi skripsi dari fenomena yang sedang trend saat ini atau dengan membaca penelitian-penelitian sebelumnya.    

Itulah sekilas mengenai apa yang dipelajari dalam kuliah jurusan psikologi. Bagi kamu yang tertarik untuk masuk kuliah jurusan psikologi, semoga bisa menjadi gambaran.

Sumber


*) Dikutip dari berbagai sumber

Subscribe...

Masukkan e-mail untuk mendapatkan artikel terbaru

Atau follow kami di :

Tentang Taman Pustaka

Taman Pustaka adalah website yang membahas tentang pelajaran sekolah, madrasah dan pengetahuan umum. Taman Pustaka juga sebagai media pembelajaran bagi para siswa, santri, mahasiswa, serta masyarakat umum yang ingin mengembangkan pengetahuan. pada setiap artikel di taman pustaka di lengkapi gambar dan video agar kandungan materi dalam artikel dapat lebih mudah dipelajari.