Belajar Dari Mana Saja di tamanpustaka.com

Mulai Belajar

BAHASA INDONESIA KELAS IX

Teks Laporan Percobaan Kelas IX Modul 1

Aristo Bharata, 23 - Juli - 2020 15555

Teks Laporan Percobaan Kelas IX semester 1 Pengertian teks laporan percobaan Ciri - ciri Teks Laporan Percobaan Struktur Teks Laporan Percobaan Ciri Kebahasaan Teks Laporan Percobaan Contoh Teks Laporan Percobaan Unjuk Kerja video teks laporan percobaan


blogs-images

teks laporan percobaan

Daftar isi :

Pengertian

Laporan adalah segala sesuatu yang disampaikan seseorang, baik berupa lisan atau tulisan, yang berisi kegiatan yang sudah dilakukan pada pihak yang meminta hasil kegiatan tersebut. 

Sedangkan percobaan ialah suatu bentuk kegiatan penelitian untuk menguji atau membuktikan suatu teori. Jadi, jika digabungkan, teks laporan percobaan ialah bentuk teks atau tertulis yang berfungsi untuk menyampaikan hasil kegiatan percobaan yang tujuannya menguji atau membuktikan teori.

Teks laporan percobaan sering juga disebut sebagai teks laporan eksperimen. Biasanya, kelompok yang melakukan percobaan punya dugaan hasil atau hipotesis. Dugaan hasil inilah yang harus diuji dan dibuktikan dalam kegiatan percobaan.

 

Ciri - ciri Teks Laporan Percobaan

A. Objektif

Menyampaikan informasi atau data sesuai dengan keadaan yang sesungguhnya. Apabila hasil tidak sesuai hipotesis, sampaikan apa adanya sesuai hasil percobaan yang dilakukan. Misalnya, kamu sedang menguji perbandingan vitamin C pada buah jeruk dan stroberi. Kamu menduga buah jeruk punya vitamin C lebih tinggi daripada stroberi. Ternyata, setelah dilakukan percobaan, hasilnya tidak sesuai dugaan. Nah, jika hipotesis tidak sesuai hasil, sampaikanlah hasil percobaan sesuai dengan keadaan yang sebenarnya.

B. Berupa Fakta

Hasil yang disampaikan dalam teks laporan percobaan harus yang sudah dilakukan. Penyampaian kalimat pun harus berupa fakta. Coba bandingkan kedua kalimat di bawah ini:

  1. Kandungan vitamin C stroberi sekitar 29 mg tiap 100 mg.
  2. Kandungan vitamin C jeruk adalah 54 mg tiap 100 mg.

Kalimat 1) bukanlah fakta karena informasinya belum pasti dan terkesan masih berupa dugaan karena penggunaan kata “sekitar.” Sedangkan kalimat 2) berupa fakta karena menyampaikan informasi secara pasti dan bisa dibuktikan.

C. lengkap

Kamu harus menyampaikan semua informasi dalam teks laporan percobaan. Tulis selengkap-lengkapnya supaya pembaca bisa mengerti laporan secara utuh dan bisa bermanfaat.

 

Struktur Teks Laporan Percobaan

Percobaan dilakukan untuk mencoba suatu kegiatan baru yang belum pernah dilakukan orang lain atau membuktikan kebenaran dari suatu teori dan ilmu yang telah ada. Nah, kalau kamu melakukan suatu percobaan, kamu dapat menggunakan struktur di bawah ini dalam penyusunan laporannya.

1. Judul

Memperlihatkan fakta, jelas, positif, singkat, khas, serta menampilkan kata kunci

2. Tujuan

Memaparkan latar belakang atau alasan peercobaan dan tujuan percobaan secara lengkap

3. Alat dan bahan

Memaparkan alat dan bahan yang digunakan dalam melakukan percobaan.

4. Langkah-langkah

Memaparkan langkah-langkah yang dilakukan dalam percobaan

5. Hasil

Hasil percobaan berupa gambar, grafik, atau bagan

6. Simpulan

Memaparkan kesimpulan hasil percobaan berupa paragraf

 

Ciri Kebahasaan Teks Laporan Percobaan

  1. Menggunakan kaidah bahasa Indonesia yang baku
  2. Menggunakan kalimat simpleks dan kalimat kompleks
  3. Menggunakan konjungsi
  4. Menggunakan istilah teknis
  5. Menggunakan kata bilangan (numeralia)
  6. Memperhatikan kata depan dan imbuhan awal

 

Contoh Teks Laporan Pecobaan

Tujuan

        Sabun merupakan kebutuhan manusia yang biasa digunakan untuk membersihkan diri (mandi). Banyak orang yang memilih membeli sabun yang ada dipasaran. Padahal kita bisa membuat sabun sendiri dengan menggunakan lidah buaya. Tujuan dari pembuatan sabun dengan menggunakan lidah buaya ini adalah untuk menambah wawasan kita tentang bagaimana cara membuat sabun. Kemudian kita juga belajar mengenai pentingnya keamanan dari sabun itu sendiri

Alat dan Bahan :

  1. Lidah buaya
  2. Pewangi
  3. Pisau
  4. Sendok sayur
  5. Air
  6. Saringan
  7. Panci

Langkah-Langkah :

  1. Cuci terlebih dahulu lidah buaya sampai benar-benar bersih.
  2. Kemudian potong lidah buaya dengan potongan kecil-kecil.
  3. Lalu peras lidah buaya yang sudah dipotong tersebut hingga seratnya keluar.
  4. Tambahkan sedikit air dan pewangi secukupnya saja.
  5. Aduklah sampai semua bahan tercampur rata.
  6. Setalah campuran tersebut mengembang, tambahkan sabun cair. Cairan tersebut sudah bisa untuk digunakan (jika ingin sabun cair)
  7. Jika kamu ingin membuat sabun batangan, maka simpanlah ke dalam lemari pendingin.
  8. Setelah membuka keluarkan sabun tersebut dari dalam lemari pendingin, dan sabun lidah buaya siap untuk digunakan.

Hasil

Sabun mandi yang terbuat dari lidah buaya telah berhasil dibuat. Selain itu juga terbukti sangat bermanfaat bagi tubuh dan kulit kita. Hal itu dikarenakan kandungan dan manfaat dari lidah buaya sangat banyak sekali. Salah satunya membuat kulit menjadi lebih segar. Sabun yang dihasilnya tidak jauh berbeda dengan sabun yang ada di pasaran baik dari bentuk dan wanginya.

Kesimpulan

Sabun lidah buaya sangat ramah lingkungan dan sangat mudah untuk dibuat. Selain itu juga terbukti bermanfaat bagi tubuh karena membuat kulit menjadi lebih segar. Keuntungan lain dari pembuatan sabun ini adalah kita dapat membuat bentuk dan wangi sabun sesuai dengan selera.

 

 

Unjuk Kerja

Persiapan Percobaan

  1. Setiap anak akan melakukan percobaan berdasarkan nomor urut absensi.
  1. 1-10 akan melakukan percobaan membuat telur asin dengan bahan dasar telur bebek dan telur ayam.

        11-20 akan melakukan percobaan membuat tape dengan bahan dasar singkong dan ubi ungu

        21-29 akan melakukan percobaan membuat kecambah dengan bahan dasar kacang hijau dan kedelai

  1. Setiap siswa mencari informasi alat, bahan dan langkah-langkah/cara pembuatan tugas no 2 tersebut di internet (google/youtube) dan sumber tertulis.
  2. Tulislah hasil informasi tersebut di buku tugas, kemudian difoto dan diunggah di E-learning. Atau langsung dalam bentuk word yang diunggah di E-learning.

Sumber



*) Dikutip dari berbagai sumber

Subscribe...

Masukkan e-mail untuk mendapatkan artikel terbaru

Atau follow kami di :

Tentang Taman Pustaka

Taman Pustaka adalah website yang membahas tentang pelajaran sekolah, madrasah dan pengetahuan umum. Taman Pustaka juga sebagai media pembelajaran bagi para siswa, santri, mahasiswa, serta masyarakat umum yang ingin mengembangkan pengetahuan. pada setiap artikel di taman pustaka di lengkapi gambar dan video agar kandungan materi dalam artikel dapat lebih mudah dipelajari.