Belajar Dari Mana Saja di tamanpustaka.com

Mulai Belajar

BAHASA INDONESIA KELAS IX

Teks Pidato Persuasif

Aristo Bharata, 28 - September - 2021 4545

Ciri-ciri Pidato Persuasif Metode Pidato Struktur Pidato Persuasif Contoh Pidato Pidato persuasif adalah Jenis-Jenis pidato persuasif Macam-Macam pidato persuasif sifat-Sifat Pidato persuasif baru-baru ini di Amerika seorang murid menembak temannya


blogs-images

Bagaimana berpidato yang baik dan bener, jenis pidato dan penerapannya dalam penyampaiannya pada muka umum. Ilengkapi dengan contoh pidato yang sudah kemukakan sebelumnya.

Daftar Isi :

pidato persuasif

Pidato Persuasif

Pengertian

Pidato adalah suatu ucapan dengan susunan yang baik untuk disampaikan kepada orang banyak. Pidato persuasif adalah pidato yang digunakan untuk meyakinkan audiensi atau pendengar agar percaya hingga mau melakukan sesuatu dalam suatu topik tertentu.

Contoh pidato yaitu seperti pidato kenegaraan, pidato menyambut hari besar, pidato pembangkit semangat, pidato sambutan acara atau event, dan lain sebagainya. Pidato yang baik dapat memberikan suatu kesan positif bagi orang-orang yang mendengar pidato tersebut. Kemampuan berpidato atau berbicara yang baik di depan publik / umum dapat membantu untuk mencapai jenjang karir yang baik.

Tujuan

Pidato umumnya melakukan satu atau beberapa hal berikut ini :
1. Mempengaruhi orang lain agar mau mengikuti kemauan kita dengan suka rela.
2. Memberi suatu pemahaman atau informasi pada orang lain.
3. Membuat orang lain senang dengan pidato yang menghibur sehingga orang lain 

    senang dan puas dengan ucapan yang kita sampaikan.

Ciri-ciri Pidato Persuasif

Adapun ciri yang terdapat pada pidato persuasif, adalah sebagai berikut.

  1. Pidato mempunyai permasalahan pokok yang memiliki kriteria dari yang disampaikan dan memiliki pesan utama atau inti di dalam pidato yang disampaikan supaya para audiens yang mendengarkan dapat melakukannya dan dapat menerima apa yang disampaikan.
  2. Keahlian untuk menyampaikan bahwa didalam pidatonya memiliki ciri sebagai pembujuk atau juga sebagai penasehat untuk para pendengarnya.
  3. Mempunyai hubungan yang baik yang juga terdapat dalam kriteria supaya pendengar ingin bersedia dan mereka merasakan nyaman meski dalam waktu singkat bahkan dalam waktu panjang.
  4. Pidato cenderung memiliki ciri khas supaya bisa melakukan sesuatu dengan kedekatan atau keakraban yang telah tercipta.

Jenis-Jenis / Macam-Macam / Sifat-Sifat Pidato 

Berdasarkan pada sifat dari isi pidato, pidato dapat dibedakan menjadi :

  1. Pidato Pembukaan, adalah pidato singkat yang dibawakan oleh pembaca acara atau mc.
  2. Pidato pengarahan adalah pdato untuk mengarahkan pada suatu pertemuan.
  3. Pidato Sambutan, yaitu merupakan pidato yang disampaikan pada suatu acara kegiatan atau peristiwa tertentu  yang dapat dilakukan oleh beberapa orang dengan waktu yang terbatas secara bergantian.
  4. Pidato Peresmian, adalah pidato yang dilakukan oleh orang yang berpengaruh untuk meresmikan sesuatu.
  5. Pidato Laporan, yakni pidato yang isinya adalah melaporkan suatu tugas atau kegiatan.
  6. Pidato Pertanggungjawaban, adalah pidato yang berisi suatu laporan pertanggungjawaban.

Metode Pidato 

Teknik atau metode dalam membawakan suatu pidato di depan umum :
1. Metode menghapal, yaitu membuat suatu rencana pidato lalu menghapalkannya kata per kata.

  1. Metode ekstemporan, yaitu membuat rencana pidato lalu menyusun catatan penting dan menyampaikan pidato berdasarkan catatan penting tersebut.
  2. Metode serta merta, yakni membawakan pidato tanpa persiapan dan hanya mengandalkan pengalaman dan wawasan. Biasanya dalam keadaan darurat tak terduga banyak menggunakan tehnik serta merta.
  3. Metode naskah, yaitu berpidato dengan menggunakan naskah yang telah dibuat sebelumnya dan umumnya dipakai pada pidato-pidato resmi.

Struktur Pidato Persuasif

  1. Salam pembuka

    Assalamualaikum, selama pagi, salam sejahtera

  1. Pendahuluan 

    Menggambarkan isi, Menyampaikan hal yang mencakup isi pidato secara singkat, seperti memberikan gamabaran apa saja yang akan disampaikan pada pidato tersebut.

  1. Isi  

 Penyampaian materi pidato secara sistematis 

      1. maksud 
      2. tujuan 
      3. Sasaran
      4. rencana 
      5. langkah, dll.
  1. Penutup

Berisi bagian untuk menyampaikan kesimpulan dari pidato yang telah diberikan, dan permohonan maaf serta ucapan terima kasih dan salam penutup

Contoh Pidato

Assalamuaaikum wr.wb

Yang saya hormati Bapak, Ibu dewan juri dan yang saya cintai teman-teman  peserta lomba pidato dalam rangka Gebyar Bulan Bahasa.

Alhamdulillah hirabil alamin wassalatu wassalamu ala asrafil anbiya iwal mursalin waala alii wasahbihi azmain ama ba’du.

Marilah kita bermunajad kehadirat Allah SWT dan bersyukur atas rahmat dan karunianya sehingga kita dapat berkumpul di hari yang cerah ini dalam keadaan sehat walafiat.

Bapak dan ibu dewan juri yang saya hormati serta Teman-teman yang saya cintai.

Pada kesempatan kali ini saya akan menyampaikan pidato yang bertemakan kenakalan remaja, yang saya khususkan pada bullying di lingkungan sekolah.

Hadirin yang saya hormati,

Bullying dapat disebut juga intimidasi.  Maraknya bullying di sekolah saat ini sudah semakin mengkhawatirkan , karena dapat mengubah kegiatan sekolah yang menyenangkan menjadi menakutkan bahkan menjadi mimpi buruk bagi mereka yang mengalami bullying. Bullying  yang sering terjadi di lingkungan sekolah misalnya kakak kelas  membuli adik kelasnya dengan tujuan ingin menunjukkan kekuatannya pada adik kelas dengan cara memaki, mengejek dan, membicarakan keburukan orang lain. Bullying tersebut termasuk kategori bullying verbal yang biasanya dilakukan secara terang-terangan.  Ada juga bullying yang lebih parah misanya  memalak atau mengambil paksa yang bukan miliknya, memukul, danmenampar. Nah tindakan kekerasan inilah yang sering terjadi dilingkungan sekolah yang mengakibatkan terjadinya perkelahian  di sekolah yang dilakukan secara sembunyi-sembunyi.

Para hadir yang berbahagia,

Bullying bisa terjadi karena beberapa factor,diantaranya pelaku bullying  pernah mengalami bullying di rumah seperti orang tua yang suka membeda-bedakan anak, memarahi secara berlebihan dan melakukan kekerasan fisik pada anak.  Akibatnaya anak tersebut  menganggap hal itu biasa dan boleh dilakukan. Akhirnya ia melakukannya disekolah.

Dewan juri dan teman-teman yang berbahagia

Akibat bullying bagi pelaku bullying, antara lain

  • Menjadi kasar dan sering melawan kepada orang tua.
  • Sering tida masuk sekolah.
  • Tidak mentaati peratura-peraturan dirumah maupun disekolah.
  • Sering berkelahi dengan teman.
  • Suka mengganggu teman, atau bahkan mengajak teman menjadi pembuli.

Sedangkan bagi korban bullying,antara lain:

  • Tidak percaya diri.
  • Selalu merasa takut
  • Depresi
  • Ingin pindah sekolah
  • ingin bunuh diri

Bahkan  baru-baru ini di Amerika seorang murid menembak temannya dengan alasan karena sering diejek tapi karena guru melindungi  murid yang hendak  ditembak maka guru tersebut yang tertembak kemudian murid tersebut menembak dirinya sendiri.

Teman-teman yang saya sayangi,

Prilaku ini sangat memprihatinkankan, tetapi kita tidak usah khawatir, karena masih ada cara yang bisa kita lakukan untuk menanggulangi bullying di lingkungan sekolah antara lain:

  1. bila kita melihat teman kita melakukan tindak bullying pada teman yang lain kita harus hentikan dan tegur si pembuli.
  2. Ajaklah teman-teman kita untuk menjauhi bullying.
  3. Berikan contoh yang baik pada adik kelas kita atau teman-teman kita di sekolah kita dengan prilaku saling menyayangi.
  4. Dan apabila terjadi bullying dankita tidak bisa menghentikannya segera laporkan pada bapak atau ibu guru.

Para hadir yang saya hormati,

Hanya ini yang  bisa saya sampikan , dan marilah kita katakan Hentikan Bullying!, Hentikan Intimidasi! Dan bersama-sama kita bersahabat. Akhir kata dari saya bila ada tutur kata atau perilaku saya yang kurang berkenan dihati mohon dimaafkan.

Dan terimakasih atas semua perhatiannya 

Walbilahi taufik walhidayah.

Wassalamualaikum warah matullahi wabarakatuh.

Sumber


*) Dikutip dari berbagai sumber

Subscribe...

Masukkan e-mail untuk mendapatkan artikel terbaru

Atau follow kami di :

Tentang Taman Pustaka

Taman Pustaka adalah website yang membahas tentang pelajaran sekolah, madrasah dan pengetahuan umum. Taman Pustaka juga sebagai media pembelajaran bagi para siswa, santri, mahasiswa, serta masyarakat umum yang ingin mengembangkan pengetahuan. pada setiap artikel di taman pustaka di lengkapi gambar dan video agar kandungan materi dalam artikel dapat lebih mudah dipelajari.