Belajar Dari Mana Saja di tamanpustaka.com

Mulai Belajar
KIAT SUKSES

Pilih SMA Atau SMK? Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Menentukan Pilihanmu

Nastiti Annisa Saraswati, 04 - Desember - 2020 1068

SMA atau SMK 5 hal menentukan SMA atau SMK sekolah menengah tanya pada diri sendiri kemampuan apa yang dimiliki hal yang Ingin kamu lakukan setelah selesai sekolah menengah atas biaya sekolah materi pembelajaran masa studi


blogs-images

Memilih antara SMA atau SMK terkadang membuat dilema tersendiri untuk adik-adik yang baru lulus dari SMP. Sebab tidak sedikit siswa yang lebih menyukai belajar dengan praktik langsung daripada belajar teori di kelas terus menerus. Namun akhirnya mereka harus memilih SMA karena masih bingung dan disarankan oleh orang tua.

Nah, supaya kamu bisa menentukan sendiri pilihanmu, ada baiknya pikirkan beberapa hal sebelum memilih untuk melanjutkan di SMA atau SMK. Sebab jika salah memilih, kamu mungkin tidak akan merasa nyaman selama proses belajar. 

Kira-kira apa saja sih yang harus dipertimbangkan sebelum memutuskan SMA atau SMK? Simak jawabannya di bawah ini!

Daftar Isi :

5 Pertimbangan sebelum Memilih SMA atau SMK

Dengan 5 pertimbangan ini, diharapkan akan membantu kamu untuk mengetahui pendidikan apa yang sesuai dengan dirimu. 

  1. Tanya pada Diri Sendiri, Kemampuan Apa yang Dimiliki

    Saat memutuskan untuk masuk SMK, tentu kamu sudah mengetahui apa kemampuan yang kamu miliki dan ingin diasah menjadi lebih baik. 

    Namun sebaliknya, jika kamu masih bingung dan ragu terhadap apa sebenarnya kemampuan yang kamu miliki, maka masuk SMA bisa menjadi pilihan tepat. Selain itu, selama tiga tahun sekolah, kamu juga bisa mencari tahu apa kemampuan yang kamu miliki.

  2. Hal yang Ingin Kamu Lakukan setelah Selesai Sekolah Menengah Atas

    Bagi siswa yang memilih mendaftar di SMK, mungkin sudah memiliki bayangan apa yang ingin dilakukan kelak ketika sudah lulus, misal bekerja atau membuka usaha. 

    Sedangkan di SMA, para siswanya memang dipersiapkan untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, sehingga akan dituntut untuk fokus belajar ke arah sana.

    Meskipun begitu, lulusan SMK juga bisa melanjutkan ke perguruan tinggi dengan jurusan yang sedikit lebih terbatas. Umumnya, mereka akan melanjutkan ke jurusan yang linear dengan jurusan saat di SMK. Bahkan, SMK bisa lebih baik dari sisi kerja sambil kuliah, karena bisa bekerja di bidang yang diinginkan namun tetap bisa melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi. 

    Dan juga tidak menutup kemungkinan lulusan SMA untuk langsung bekerja, meskipun belum memiliki keahlian yang cukup. Namun keahlian ini nantinya bisa didapatkan saat mulai bekerja.

  3. Biaya

    Dapat dikatakan SMK membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Hal ini karena pembelajarannya akan disampaikan dengan praktik. Namun tidak semua jurusan berbiaya mahal kok. Ada beberapa jurusan SMK yang biayanya lebih ringan.

    Hal ini juga berlaku di SMA. Meskipun sekilas terlihat SMA lebih ringan dari segi biaya karena tidak banyak melakukan praktik seperti smk, tetapi biaya yang dikenakan bisa cukup besar, karena dipengaruhi status sekolah tersebut adalah SMA favorit atau swasta yang memiiki kualitas terbaik.

  4. Materi pembelajaran

    Sekolah SMK memiliki jurusan yang sangat banyak dan lebih menekankan pada pembelajaran secara praktik. Namun dengan banyaknya jurusan ini, kamu bisa memilih sendiri jurusan mana yang sesuai dengan keahlian dan kemampuanmu, sehingga nanti lebih terarah.

    Di SMK nanti, kamu mungkin juga akan belajar di kelas, namun tidak serutin SMA. Hal ini karena kebanyakan materi pembelajaran akan disampaikan secara praktik di lapangan.

    Sedangkan di SMA hanya ada 2 jurusan, yakni IPA dan IPS, namun tidak jarang ada sekolah yang menyelenggarakan jurusan Bahasa. Di SMA, kamu akan belajar banyak teori dari salah satu jurusan yang kamu pilih, namun bukan berarti tidak ada praktik, ada namun lebih sedikit frekuensinya.

    Fokus belajar teori di SMA ini diselenggarakan untuk mempersiapkan siswa melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi.

  5. Masa studi

    Lamanya masa studi di SMA adalah 3 tahun. Sebenarnya sama saja dengan di SMK, hanya saja beberapa jurusan di SMK ada yang masa studinya selama 4 tahun.

    Namun hal ini sebanding dengan ilmu yang didapatkan. Sehingga para lulusan akan lebih siap kerja.

Nah, itulah pertimbangan yang sebaiknya kamu pikirkan sebelum memilih SMA atau SMK. Apa pun pilihan yang kamu ambil adalah baik, terlebih jika sesuai dengan yang kamu inginkan. Karena nanti proses belajar yang kamu rasakan terasa lebih menyenangkan.

Merasa artikel ini bermanfaat? Yuk, bantu bagikan pada orang-orang yang membutuhkan informasi ini!

Pertimbangan sebelum Memilih SMA atau SMK

Sumber


*) Dikutip dari berbagai sumber

 

Subscribe...

Masukkan e-mail untuk mendapatkan artikel terbaru

Atau follow kami di :

Tentang Taman Pustaka

Taman Pustaka adalah website yang membahas tentang pelajaran sekolah, madrasah dan pengetahuan umum. Taman Pustaka juga sebagai media pembelajaran bagi para siswa, santri, mahasiswa, serta masyarakat umum yang ingin mengembangkan pengetahuan. pada setiap artikel di taman pustaka di lengkapi gambar dan video agar kandungan materi dalam artikel dapat lebih mudah dipelajari.