Belajar Dari Mana Saja di tamanpustaka.com

Mulai Belajar
KIAT SUKSES

7 Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Memilih Jurusan Kuliah

Tsurayya Maknun, 05 - Nopember - 2020 1360

Kiat Sukses Memilih Jurusan Kuliah Tips memilih jurusan kuliah kemampuan akadademis cita-cita minat prospek kerja restu orang tua biaya pendidikan akreditasi


blogs-images

Melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi merupakan hal yang lumrah saat ini. Meski wajib belajar yang dicanangkan pemerintah hanya sampai 12 tahun atau tingkat menengah atas, akan tetapi tuntutan dan kebutuhan untuk mengembangkan diri di era ini semakin meningkat. Tujuan melanjutkan pendidikan tentu saja untuk mendapatkan ilmu. Akan lebih baik jika ilmu yang diperoleh nantinya bisa berguna dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari baik di tempat kerja atau dalam membentuk usaha sendiri. Berikut ini adalah hal yang perlu diperhatikan sebelum memilih jurusan kuliah.

Daftar Isi :

Universitas, Institut, Politeknik, Akademi, atau Sekolah Tinggi?

7  hal yan gperlu diperhatikan  sebelum memiilih jurusan kuliah

Sebelum membahas jurusan, alangkah baiknya memahami berbabgai jenis perguruan tinggi yang menyediakan jurusan kuliah. Apa yang memberdakan antara universitas, institut, politeknik, akademi, maupun sekolah tinggi? Universitas adalah lembaga pendidikan yang menyediakan pendidikan akademis dan vokasi yang terdiri dari beberapa fakultas dan jurusan. Rumpun ilmu yang disediakan universitas juga bermacam-macam.

Lalu, Institut merupakan lembaga pendidikan yang menyediakan program akademis dan vokasi. Insttut hanya terdiri dari satu rumpun ilmu saja, tapi terdiri dari beberapa fakultas dan jurusan. Misalnya Institut Teknologi Bandung atau Institut Pertanian Bogor.

Kemudian, sekolah tinggi adalah lembaga pendidikan yang serupa dengan universitas dan institut, tetapi hanya tediri dari satu fakultas yang dibagi ke berbagai jurusan.  Contoh sekolah tinggi yaitu Sekolah Tinggi Ilmu Statistika (STIS), Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) dan sebagainya.

Selanjutnya, politeknik adalah perguruan tinggi yang menyediakan pendidikan vokasi saja. Politeknik memang lebih banyak praktik dan mahasiswa dipersiapkan agar bisa siap menghadapi persaingan di dunia kerja. Ada politeknik yang mengkhususkan pada satu rumpun ilmu seperti PENS (Politeknik Elektronika Negeri Surabaya) dan ada pula yang menyediakan berbagai rumpun ilmu seperti Politeknik Negeri Jakarta.

Berikutnya, akademi yang merupakan perguruan tinggi penyelenggara pendidikan vokasi tetapi hanya satu cabang ilmu saja. Misalnya Akademi Gizi Surabaya, Akademi Kimia Analisis (AKA Bogor), dan sebagainya.

Jadi, selanjutnya apa saja yang perlu diperhatikan untuk memilih jurusan?

1. Kemampuan Akademis

Hal pertama yang perlu dipertimbangkan adalah kemampuan akademis kamu. Tentu saja ini penting karena nantinya kamu akan menjalani pendidikan yang lebih tinggi dengan pembahasan materi yang lebih mendalam. Sebelum menuju perguruan tinggi pun, akan ada seleksi masuk yang memberikan tes kemampuan pada rumpun ilmu terkait.

2. Cita-cita

Semua orang hamper selalu memiliki cita-cita. Meski cita-cita sering berganti seiring waktu, tapi ketika sudah sekolah menengah mungkin akan ada satu cita-cita yang paling kamu yakini. Mungkin cita-cita semasa kamu kecil berbeda dengan sekarang, itu tidak apa-apa. Cita-cita kita yang sekarang bisa dikejar dengan memilih jurusan yang relevan.

3. Minat

Jika kamu mencintai apa yang kamu kerjakan, maka kamu akan bersemangat menjalaninya. Begitulah jika kuliah di jurusan atau bidang yang diminati. Semua jurusan di perguruan tinggi manapun, sama-sama tidak mudah dan akan banyak tugas serta tuntutan. Tentu akan menjadi tekanan  jika kamu kuliah di jursan yang tidak kamu minati. Sebaliknya, jika kamu minta pada jurusan itu, sesulit apa pun akan menjadi tantangan yang menyenangkan.

4. Prospek Kerja

Tidak dipungkiri, tujuan belajar adalah untuk memperoleh ilmu. Setelah lulus dari perguruan tinggi, seseorang akan memiliki tanggung jawab akan keilmuan yang dipelajarinya semasa kuliah. Harapannya, ilmu tersebut akan bermanfaat dan bisa diterapkan pada kehidupan sehari-hari, termasuk pada dunia kerja. Jurusan yang kamu pilih juga menentukan bagaimana peluang kerja nantinya. Meskipun ada pekerjaan yang menerima semua jurusan, tidak ada salahnya memilih jurusan yang memiliki prospek kerja yang jelas.

5. Restu Orang Tua

Orang tua merupakan support utama dalam hidup kita. Mungkin beberapa di antara kamu memiliki perbedaan pendapat dengan orang tua mengenai jurusan yang dipilih. Kamu bisa mendiskusikan lagi secara baik-baik dengan orang tua agar mendapatkan restu untuk jurusan yang dipilih. Restu orang tua merupakan hal penting karena doa tulus mereka dapat membantu kelancaran studimu. Sebaliknya, kamu patut bersyukur jika orang tua mendukung penuh apa pun jurusan yang dipilih.

6. Biaya Pendidikan

Biaya selama menjalani pendidikan perlu diperhatikan agar bisa mengetahui perkiraan dana yang perlu disiapkan. Kamu bisa melihat informasi mengenai biaya pendidikan di website resmi universitas. Biasanya tiap universitas menampilkan informasi mengenai biaya pendidikan termasuk SOP (sumbangan operasional pendidikan) per semester dan uang pangkal (biasanya untuk jalur mandiri). Dengan mengetahui perkiraan biaya pendidikan, jadi bisa memperkirakan dan disesuaikan dengan keadaan finansial masing-masing.

7. Akreditasi

Informasi mengenai akreditasi universitas dan jurusan bisa diakses di website resmi universitas masing-masing atau melalui badan akreditasi nasional perguruan tinggi di banpt.or.id. Akreditasi menandakan jaminan mutu dari Suatu perguruan tinggi. Jika mutu perguruan tinggi tersebut sudah terjamin, maka akan menimbulkan kepercayaan dari instansi lain. Itu akan memudahkan kamu  mendaftar beasiswa, melanjutkan studi yang lebih tinggi, maupun melamar pekerjaan.

Itulah 7 hal yang perlu diperhatikan sebelum memilih jurusan kuliah. Hal tersebut bisa dijadikan pertimbangan, semua keputusan final berada di tanganmu.

Sumber


*) Dikutip dari berbagai sumber

Subscribe...

Masukkan e-mail untuk mendapatkan artikel terbaru

Atau follow kami di :

Tentang Taman Pustaka

Taman Pustaka adalah website yang membahas tentang pelajaran sekolah, madrasah dan pengetahuan umum. Taman Pustaka juga sebagai media pembelajaran bagi para siswa, santri, mahasiswa, serta masyarakat umum yang ingin mengembangkan pengetahuan. pada setiap artikel di taman pustaka di lengkapi gambar dan video agar kandungan materi dalam artikel dapat lebih mudah dipelajari.